Servis Lampu LED Biasa Dengan Mudah



Cara Servis Lampu Led Yang Mati Total



Cara Servis lampu LED yang rusak atau mati total bisa kamu akali dengan cara menjumper LED yang mati atau mengganti dengan lampu yang baru. Caranya cukup dengan menyolder by-pass bagian kaki LED menggunakan kabel Kawat Kaki komponen misal resistor atau elco. 



Kita perhatikan pada gambar diatas, ada satu lampu yang terlihat gosong. Itu tandanya lampu tersenut sudah mati

Langkah-langkahnya, potong kawat ukuran kecil lalu solder kedua ujung kawat ke kedua kaki LED yang sudah mati. Sambungkan kedua ujung kabel yang lain ke kutub positif (+) dan kutub negatif (-) menggunakan solder dan timah .

Trik ini tujuannya untuk kembali menyambungkan dan mengalirkan kembali arus pada LED yang mati. Cara ini mungkin hanya berlaku pada kasus  lampu LED  dengan Skema LED Seri, dimana apabila salah satu lampu LED mati yang lainnya juga ikut mati karena semua tidak mendapat aliran arus listrik.  


Jika kawat sudah tersambung pada kedua kaki LED dengan baik langkah selanjutnya yaitu melakukan pengetesan. Sampai pada tahap ini lampu LED yang tadinya mati dan berhasil di “jumper’ bisa kembali menyala. Yang harus diingat, butuh ketelitian ketika kamu menyolder kabel maupun mengotak-atik bagian rangkaiannya.


Perhatikan juga komponen komponenya seperti dioda, Elco, Capsitor Dan Elkonya yah temen temen. Coba temen temen perhatikan gambar dibawah ini





Disitu terlihat ada elko yang shot yah temen temen, ukuranya 86 mikro/100volt
langkah selanjutnya kita mengganti elco tersebut dengan yang baru. Nah kemungkinan yang menyebabkan lampu putus dikarenakan elkonya rusak jadi arus yang ke lampu menjadi tidak setabil, sedang fungsi elko tersebut untuk menyetabilkan tegangan DC


Oke ini Sudah saya ganti yah temen temen dengan yang baru elkonya..
Saat nya Kita coba....  
terreeenngggggggggg allhamdulillah bisa nyala juga...

Oke Langkah yang terakhir tutup kembali lampu bohlam LED seperti semula lalu pasang kembali. Nah, dengan cara sederhana ini setidaknya kamu bisa menunda membeli lampu LED yang baru. Syukur-syukur lampu yang sudah diperbaiki mampu bertahan lebih lama. 

Demikian cara memperbaiki lampu LED yang rusak atau mati total. Mungkin setelah mengetahui trik mudah ini kamu tidak lagi terburu-buru membuang lampu LED yang mati karena memang masih bisa diperbaiki. Selamat Mencoba semoga berhasil....


Salam Sukses!!!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Servis Lampu LED Biasa Dengan Mudah"