Soal Bahasa Indonesia Ujian Semester Gasal Kelas XI 2017
Soal Ujian Semester Ganjil Bahasa Indonesia XI
A. abstrak, orientasi, kompilkasi, resolusi, dan evaluasi
B. abstrak, orientasi, komplikasi, resolusi, evaluasi, dan koda
C. abstrak, orientasi, resolusi, evaluasi, dan koda
D. orientasi, komplikasi, resolusi, evaluasi, dan koda
E. orientasi, komplikasi, evaluasi, dan koda
2. Bacalah kutipan cerpen di bawah ml dengan saksama!
BANUN
(Cerpen Damhuri Muhammad)
Bila ada yang hertanya, siapa makhluk paling kikir di kampung itu, tidak akan ada yang
menyanggah bhwa perempuan ringkih yang punggungnya teiah melengkung serupa sabut
kelapa itulah jawabanny.. Semula Ia hanya dipanggil Banun. Namun, lantaran sifat kikirnya dan
tahun ke tahun semakin mengalcar, pada sebuah pergunjingan yang penuh dengan kedengkian,
seseorang mena bahkan kata “kikir” di belakang nama ringkas itu, hingga Ia ternobat sebagal
Banun Kikir. Konon, hingga riwayat mi disiarkan, belum ada yang sariggup merlumbangkan
rekor kekikiran Banun.
Berdasarkan struktur teks cerpen, kutipan teks cerpen di atas adalah
A. abstrak D. evaluasi
B. orientasi E. resolusi
C. komplikasi
3. Bacalah kutipan cerpen di bawah ini dengan saksama!
Ternyata benar, di setiap musibah ada hikmah yang diambil. Kita ikhlas dan bersabar
menghadapmnya. Aku bisa belajar banyak hal, banyak pengalaman yang aku dapat dan sana.
Sekarang, walaupun fIsikku tidak sempurna, aku bisa menjalanI hidup seperti biasa. Aku
bekerja di sebuah laundry.
Berdasarkan struktur teks cerpen, kutipan teks cerpen di atas adalah.
A. komplikasi D. orientasi
B. koda E. resolusi
C. evaluasi
4. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Pokoknya keluarga majikan tidak mau ditinggalkan oleh Mbok Jah. Tetapi, keputusan Mbok
Jah sudah mantap. Tidak mau menjadi beban sebag kuda tua yang tidak berdaya. Hingga
jauh malam, mereka tawar-menawar. Akhirnya, diputuskan suatu jalan tengah. Mbok Jah akan “turun gunung” dua kali dalam setahun, yaitu pada waktu Sekaten dan waktu Idul Fitri. Mereka lantas setuju dengan jalan tengah itu. Mbok Jah menepati janjinya. Waktu Sekaten dan Idul Fitri, dia memang datang. Bahkan Kedono dan Kedini selalu ikut menemaninya duduk nglesot di
halaman masjid keraton untuk mendengarkan suara gamelan Sekaten yang hanya
berbunyi tang-tung-tung-grombyang itu. Malah, lama-kelamsan mereka bisa ikut larut dan
menikmati suasana Sekaten di masjid itu.
(cerpen berjudul ‘Mbok Jah’ karya Umar kayam)
Interpretasi penggalan teks cerpen di atas berdasarkan nHai yang terkandung dalam cerpen adalah
A. nilal budaya: keluarga majikan yang tidak mau ditinggaikan oleh Mbok Jah.
B. nilai budaya: penghargaan terhadap budaya Sekaten dan Idul Fitri.
C. nilai sosial: para penonton duduk nglesot di halaman masjid keraton untuk meridengarkan suara gamelan.
D. nilai agama: perayaan sekaten bertepatan dengan ldul Fitri.
E. nilai moral: kebersamaan dalam menyaksikan sebuah pertunjukkan.
5.Bacalah kutipan cerpen berikut.
Pengalan teks cerpen I
Pak Lurah sangat heran melihat Pak Sastro datang malam 1W padanya. “ Maafkan, Pak
Lurah, tidak usah epotrepot. Setelah pikir-pikir ada baiknya saya tinggalkan desa ini dulu. ni küricik,unci rumah saya. Semua sawah, kebun, penggilingan padi, dan sapi saya titipkan
kepada desa ml melalui Pak Lurah, mohon dirawat baik-baik. Silakan menggunakan hasilnya sesuai dengàn tepeluan. Saya percayakan semuanya kepada Pak Lurah.”
Pak Lurah hanya diám seribu bahasa tanpa bisa berkata sepatah pun. Pak Lurah bingung
hanya mata Pak Lurah yang terus memandang Pak Sastro yang terus berbicara.
Penggalan teks cerpen 2
Hatiku berdesir saat mendengarjeritan itu. Aku terpaku dan ternganga. Segera aku berpikir
memutar otak untuk menemukan dan arah mana datangnya suara itu. Jerit ngis klan menjadi seakan memanggi seluruh orang yang berada di sekitar pekarangan untuk meminta tolong.
Kaki mi klan melejit menuju arah suara. Tubuhku gemetar, hatiku bergetar, dan
anehnya tanpa aku sadari air mataku berlinang. Aku tak rnenyangka suara itu berasal dan
kediaman kakakku yang tidak jauh dan rumahku. Kenapa suara itu datang dan sumur? Ada apa dengan sumur itu? Hatiku penuh dengan sejuta pertanyaan yang tak mampercaya aku sendiri menjawabnya?
Setelah membaca kedua penggalan teks cerpen di atas, perbandingan kaidah kebahasaan berupa
majas atau gaya bahasa yang terdapat dalam kutipan cerpan di atas adalah.
A. Teks 1, diam seribu bahasa tanpa bisa berkata sepatah pun; teks 2, jenit tangis klan menjadi seakan memanggil seluruh orang untuk meminta pertolongan.
B. Teks 1, Pak Lurah bingung hanya mata Pak Lurah yang terus memàndang Pak Sastro yang terus bicara; teks 2, hatiku berdesir saat mendengarjenitan itu.
C. Teks 1, saya percayakan semuanya kepada Pak Lurah; teks 2, aku terpaku dan ternganga
D. Teks 1, smlakan menggunakan hasilnya sesual keb’jtuhan; teks 2, segera aku berpikir mernutar otak untuk menemukan arah datangnya suara itu
E. Teks 1, setelah dipikir-pikir ada baiknya saya meninggalkan desa ml; teks 2, hatiku penuh dengan sejuta pertanyaan.
6.Bacalah kutipan teks cerpei berikut!
Tino, anakku, merupakan potret Mas Tris ketika aku mengenJnyapertama kali. Sering ial
kupanggil Sutrisno muda. Dan Mas Tris sendiri, dalam usia niendekati empat puluh tahun,
tampak sedemikian tampan berwibawa seandainya saja kakinya tidak cacat ..., tetapi cintaku tidak berkurang karenanya.
Nilai moral yang tersirat dan tokoh aku dalam kutipan cerpen “Dia Seau Juara” di atas adalah
A seorang istni harus mencintai suami ketika dalam kesenangan.
B. seorang istni harus mencintal suarniriya apa adanya.
C. seorang istri sebaiknya selalu teringat bagaimana saat suami masih muda.
D. seorang istni perlu membandingkani antara anak dan suami.
E. seorang istri yang begitu perhatian terhadap sang suami.
Bacalah penggalan teks cerita pendek di bawah ini untuk menjawab soal nomor 7 dan 8.
Setelah bertemu denganmu aku-tidak OiOS lagi, tetapi aku tidakiandJ
mencuri. Tidak ada bukti. Tidak ada saksi. Hanya Tuhan saja yang tahu bagaimana kamu
menarik hatiku hingga aku tidak memIikinya lagi. Orang yang tidak memUiki hati pasti dia bukan
manusia lagi. Tapi, entahlah. Setelah hatiku kau cuni, aku rnalah jadi lebih manusiawi. Aku
sedang membangun mimpi mengenal suatu negeri ketika kamu datang.
7.Tema dan kutipan cerpen tersebut adalah masalah
A. penyesalan D. perdamaian
B. percintaan E. perseteruan
C. permusuhan
8.Sudut pandang yang digunakan dalam cenita pendek di atas adalah . . .
A. orang pertama pelaku utama D. orang ketiga peng,
B. orang pertama pelaku sampingan E. orang ketiga serba
C. orangkedua
9.Bacalah kutipan cerpen di bawah ml dengan saksama!
Karakter tokoh Bandung Bondowoso dalam penggalan cerpen di atas adalah
A. ambisius D. rendah hati
B. tidak tahu din E. penyabar
C. pemarah
10.Bacalah kutipan cer,en berikut inidengan saksamal
Nilai yang paling kuattenlihat dalam kutipan cerpen diatas adalah
A. moral D. budaya
B. ekonorni E. sosial
C. regius.
Bandung Bondowoso ingin mempenistri Roro Jonggrang, namun Roro jonggrang takut
menolak pinangan itu. Dia tidak akan begitu saja menenimanya. Dia mau menikah asal Bandung
Bondowoso memenuhi syanat-syaratnya. Syarat nyà ialah membuat seribu candi dan sumur
yang sangat dalam, dalam waktu semalam. Bandung Bondowoso menyanggupinya, meskipun
agak keberatan. Dia minta bantuan ayahnya sendiri, yang mempunyai roh-rch halus. Bandung
Bondowoso beserta pengikutnya dan roh-roh halus mulai membangun candi yang besan
jumlahnya itu. Mengherankan cara dan kecepatan kerja mereka. Sesudah pukul empat pagi
hanya tinggal lima buah candi yang harus disiapkan. Di samping itu, sumunnya pun hampin
selesai. Apa yang harus di perbuat? Segera gadis-gadis di bangunkannya dan di suruh
menumbuk padi di lesung senta menaburkan bunga yang harum baunya. Mendengar bunyl
lesung dan mencium bau bunga-bungaan yang harum menghentikan pekerjaan mereka karena
meneka kina han sudah siang.
Ketika berpiki tentang keluarga kami yang berbahagia, Sandra hanya mendapatkan
gambaran tentang sebuah rurnah yang bcrantakan. Botol-botol dan kaleng-kaleng minuman
yang kosong berantakan di maja, Iantai, bahkan sampai ke atas tempat tidur. Tumpahan bin
berceceren di atas kasur yang s€preinya terseret entah ke mane. Bantal-bantal tak bersarung.
Pintu tak pemah tertutUp dan sejumah manusia yang terUs-menerus mendengkur bahkan ketika
Sandra pulang dan sekoah.
11.Bacalah kutipan cerpen berikut!
(1) Pagi itu mbok salimah menangis keras.
(2) Harta dikumpukan berpuluh tahun! amanya ludes termakan api.
(3) Aku merasa kasihan terhadap wanita tua itu sepertiga yang kuterima kuberikan kepadanya.
(4) Kedua anaknya kubayarkan uang sekolah, dan kutanggung kebutuhan hariannya.
(5) Tanpa pamrih apa pun aku membantu hidup mereka.
Penyuntingan terhadap penggalan teks cerpen di atas adalah.
A. Kaidah kebahasaan dalam penggalan teks cerpen di atas sudah tepat.
B. Penggunaan kosakata ludes kurang tepat seharusnya habis.
C. Penulisan kata ‘mbok salimah’ seharusnya Mbok Salimah’. Kalimat (3) dapat dijadikan dua kalimat atau dihubungkan dengan konjungsi.
D. Kata ‘apa pun’ pada kalimat (5) seharusnya dirangkai.
E. Kata pamrih kurang tepat, seharusnya ‘mendapatkan imbaan’.
12. Bacalah kutipan teks cerpen berjudul “DiaIoq dalam Lemari” karya Siswari berikut ini!
Wanita mucla itu membuka pintu kamar dengan berbalut sehelai handuk untuk menutupi tubuhnya, mukanya putih bersih. Rambutnya masih basah. Ia membuka Iemarinya, Ia!u diambilnya beberapa helai pakalan, dan jilbab. Setelah memakai semuanya, ia berdiri di depan cermin besarnya. Dipandangnya lekat-lekat sosok yang mirip dirinya dalam cermin itu. Sesekali ia tersenyum. Setelah lama terdiam, disemprotkan parfum ke bajunya. Kemudian, ia membuka pintu lalu pergi. Identifikasi kaidah kebahasaan tentang kalimat tunggal (kalimat simpleks) dan kalimat majemuk
(kalimat kompleks) dalam kutipan teks cerpen tersebut adalah
A.Mukanya putih bersih. Rambutnya masih basah.
B.Dipandangnya lekat-lekat sosok yang mirip dirinya dalam cermin itu. Sesekali ia tersenyum.
C.Ia membuka Jemarinya, lalu diambitnya beberapa helai pakaian, dan jilbab. Setelah memakai
semuanya, ia ërdiri di depan cermin besarnya.
D.Rambutiiyarnasi basah. Ia membuka Iemarinya, la!u diambilhya beberapa helai pakaian, dan jilbab.
E.Setelah lama terdiam, disemprotkan parfum ke bajunya. Kemudian, ia membuka pintu lalu pergi.
13. Perhatikan kutipan berikut!
Mas Joko mengajakku berunding tentang tanggal, jam, gedung di mana pesta perkawinan kami nanti diselenggardkan Bagaimana aku harus melayaninya Ibu Aku mulai tidak betah berlama-lama dengannya. Apalagi ia sangat percaya pada primbon. Ia memiHh han dan tanggal berdasarkan petunjuk primbon. Buku tebal itu penuh dengan pertunjukkan yang sangat rumit dan menurutku tidak masuk akal. Sega!anya harus sesuai dengan perhitungan-perhitungan tertentu.
Buku primbon ini menentukan segalanya, tanpa memperdulikan akal sehat. Bayangkan, jam
perkawinan bisa jatuh pada jam tiga siang.
Evaluasi terhadap isi bercetak miring dalam penggalan cerpen di atas adaah
A. Buku tebal itu penuh dengan penunjuk yang sangat rurnit dan urut-urutan yang tidak masuk akal.
B. Buku tebal itu penuh dengan petunjuk yang sangat rumft dan urutan yang tidak masuk akal
C. Buku teba! itu penuh dengan penunjuk yang sangat rums dan menurutku tidak masuk akal.
D. Buku tebal itu penuh dengan pertunjukkan yang sangt umit dan menurutku tidak masuk akal
E. Buku tebal itu penuh dengan petunjuk yang sangat rur ian mênurutku tidak masuk akaL
14. Berikut ini merupakan contoh majas litotes
A. Mampirlah ke gubuk kami!
B. Kamu kan sudah pintar, mengapa harus bertanya kepdaku?
C. Suaramu merdu seperti kaset kusut.
D. Mampuspun aku tiada pedu!i, salah sendiri tidak dengar:an nasihatku.
E. Jalannya bagaikan puteri keraton.
15. Hujan itu menárinari di atas genting
Kalimat di atas merupakan contoh majas
A. litotes
B. hiperbola
C. metafora
D. repetisi
E. personifikasi
16. Ungkapan yang cocok untuk melengkapi kalimat rumpang di bawah ini adalah...
Jangan melakukari pekerjaan dengan ... supaya hasHnya dapat maksimal!
A. kecil hati D. lapang hati
B. besar hati E. tinggi hati
C. berat hati
17. Kehidupan di dunia ini tidak ada yang abadi, semua silih bergantL
Kalimat di atas merupakan isi dari peribahasa
A. Bagaikan air di atas tanggul.
B Ada padang ada belalang, ada air ada pula ikan.
C. Adat pasang turun naik.
D. Tong kosong nyaning bunyinya.
E. Air beriak tanda tak dalam.
18. Pantun merupakan puisi lama yang memiliki ciri sebagai berikut
A. Tiap bait terdiri atas empat baris.
B. Tiap bans terdiri atas empat bait.
C. Terdapat sampiran pada baris ketiga dan keempat.
D. Tiap bans terdini atas kurang dan 8 sulu kata.
E. Memiliki bunyi akhir aa-aa
19. Tujuan yang ingin dicapai dalam membaca pantun adalah
A. untiik memperoleh keindahan yang bersumber dan bahasa
B. supaya dapat dinikmati orang lain
C. untuk rnemperoléh pujian dan orang lain
D. untuk melatih kekuatan ingatan dan pikiran
E. supaya keluar unek-unek dalam pikirannya.
20. Bacalah pantundi bawah ml dengan seksamal
melihat mentari saat petang,
sungguh indah dipandang mata.
.....
.....
Baris yang tepat untuk melengkapi pantun di atas adalah.
A. Melihat ibu sudah datang, hati cemas jadi gembira.
B. Ayah hunda cobalah lihat, adik menangis ingin mainan.
C. Melihat bunda pulang lekas, hatiku senang bukan kepalang.
D. Bunda, kita pergi ke sawah, adik di rumah tak berkawan.
E. Bila dapat teman yang baru, teman lama jangan dilupakan
21. Bacalah pantun berikut dengan cermat!
Asam kandis asam gelugiir
ketiga asam beriang-riang.
Menangis mayat di pintu kubur
teringat badan dak sembahyang.
Makna pantun di atas adalah
A. Mayat yang selalu menangis di dalam kubur karena tidak bisa
B. Mayat yang selalu menangis di dalam kubur karena mengingat aininya tiaa pernah menjalankan sembahyang ketika hidup di dunia.
C. Mayat yang selalu menangis di dalam kubur karena tidak bisa sembahyang di alam kubur karena sempit ruangnya.
D. Mayat yang selalu menargis di dalam kubur karena tidak dapat sembahyang di dalam kubur.
E. Mayat yang selalu menargis di dalam kubur karena tidak dapat sembahyang di pmntu kubur.
22. Perhatikan tabe berikut!
No Unsur Pantun Syair
1. Sajak Bersajaka-aa Bersajak ab-ab
2. Jumlah baris terdiri atas 4 baris Tiap bait terdiri atas 2 bans
3. Struktur Bails I dan 2 disebut Keempat barisnya merupakan isi
sampiran, bans 3 dan
4 disebut isi
4. Peran komunikasi sehari-hari media menyampaikan pesana
5. Asal Berasal dan Arab Berasal dan Melayu
Perbedaan antana pantun dan syair yang tepat ditunjukkan oleh nornor
A.1 D.4
B.2 E.5
C.3
23. Bacalah pantun berikut dengan cermat!
Jalan-jalan ke kota Demak
Tidak lupa membeli beNmbing,
Ayo kawan jangan menggertak
Terimalah dengan hati yang bening.
Berdasarkan isinya, pantun di atas termasuk jenis pantun
A perkenalan D. nasihat
B. jenaka E. teka-teki
C. agama
24. Bacalah teks puisi di bawah mi dengan cermat!
Diriku Iemah anggotaku Iayu
Rasakan cinta bertalu-talu
Kalau begni datangnya selalu
Tentulah kakanda berpulang dahulu
Teks di atas termasuk!
A. pantun D. talibun
B, pantun kilat E. gurindam
C. syair
Bacalah teks cerita ulang biografi di bawah mi dengan seksama untuk mengerjakan soal
nomor 25 sampal dengan 27!
SEKELEBAT RIWAYAT RAMADHAN K.H.
1) Ia suka dipanggil Tutun oleh keluarganya, dan dsapa Atun oleh teman-teman dekatnya. Ia sendiri biasa menuliskan namanya, Ramadhan K.H. semacam kependekan dan Ramadhan Kartahadimadja. Lahir di Bandung, 16 Maret 1927, Ramadhan adalah anak ke tujuh dan sepuluh bersaudara. Ayahnya Rd. Edjeh Kartahadim&dja, adalah seorang patih pada masa kekuasaan Hindia Belanda. Ramadhan lahir dan pernikahan Rd.
Kartahadimadja dengan istri ketiganya, Sadiah.
2) Masa kecil Ramadhan dilewatkan di Cianjur, sebuah kota yang dipeluk hawa sejuk, tanah kelahiran pengarang ternama Utuy Tatang Sontani (1918-1978). Dunia Ramadhan serupa bianglala Ia mengubah puisi dan mengarang novel serta centa pendek, ia pernah bekerja sebagai wartawan, mengasuh ruangan kebudayaan, dan hingga kini menjadi penulis lepas: ia menerjemahkan karya-karya sastra mancanegara dan turut aktif membangun jembatan budaya yang menghubungkan Indonesia dengan negeri-negeni asing; Ia menyuntin sejumlah buku dan pernah turut mengelola lembaga penerbitan; ia pernah ikut aktif datanpengelolaan organisasi kesenian ia pun belakangan terkenal sebagat penulis biografi tokoh-tolcoh terkemuka Indonesia Tak diragukan lagi
3) Ramadhan K.H. menduduki tempatterpandang di jajaran penulis Indonesia. (Dikutip dan buku: Ramadhan K.H. Tiga Perempat Abad)
25. Teks cerita ulang biografi di atas yang termasuk struktur orientasi adalah.
A. Paragnaf I D. Paragraf 2 dan 3
B. Paragraf 2 E. Paragraf I dan 2
C. Paragraf 3
26. Informasi yang kita dapat.setelah membaca teks cenita ulang biog ifi di atas adalah
A. Ramadhan K.H. adalah seorang sastrawan yang lahir di Banthing dan memiliki tiga anak.
B Ramadhan K H adalah anak dan Raden Kartahadimadja dan istn ketiganya Sadiah
C Ramadhan K H memiliki nama panjang Ramadhari Kartanegara
D Ramadhan K H adalah seorang sastrawan yang lahin di Bandung dan memi’iki tiga istn
E. Ramadhan K.H. adalah sastràwan yang menerjemahkan karya-karya manca negara.
27. Teks cerita ulang biografi di atas yang termasuk struktur urutan penistiwa kehidupan tokoh adalah
A. Paragraf I D. Paragraf 2 dan 3
B. Paragraf 2 E. Paragraf I dan 2
C. Paragraf 3
28. Bacalah teks cerita ulang biografi di bawah mi dengan saksama!
1. Diantaranya Pelik-pelik Bahasa Indonesia, Pembinaan Bahasa Indonesia di TVRI, lnilah
Bahasa Indonesia yang Benar, Membina Bahasa Indonesia Baku, dan Kamus Umum
Bahasalndonesia yang disusunnya bersama Muhammad Zain.
2. Buku-buku yang ditulisnya kurang lebih 28 judul.
3. Ia juga membenikan ceramah dan mengikuti seminar di dalam maupun di Iuar negeri.
4. Pendidikan Sarjana ditempuhnya di Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran di Bandung
(1963), Postgraduate Study Linguistic di Leiden-HoHand (1971—1 973), dan memperoleh gelar doctor dalam ilmu-ilmu sastra dengan pengkhususan linguistik di Universitas Indonesia (1975).
5. Yus Badudu menjadi pengajar Iebih dan 50 tahun, rnulai dan sekolah dasar sampai
perguruan tinggi.
6. Di sanalah ia dibesarkan dan menamatkan sekolahnya.
7. Ketika usianya menginjak 3 tahun,orangtuanya hijrah ke Poso, Sulawesi Tengah.
8. Prof. Dr. H. Jusuf Sjarif Badudu, yang Iebih dikenal dengan nama Yus Badudu, dilahirkan pada tanggal 19 Maret .1926 di Gorontalo.
Cerpen di atas apabila disusun menjadi urutan yang benar adalah
A. 1—2—3—4—5—6—7—8 D. 6—7—8—1—2—3—4—5
B. 8—7—6—4—5—3—2_i E. 1—2—4—3—6—5—8—7
C. 1—2—6—7—3—4-8—5
Bacalah teks cerita ulang biografi di bawah mi dengan seksama untuk mengerjakan soal
nomor 29 dan 30!
Henry Guntur Tarigan, dilahirkan pacia tangga 23 September 1933, di Linggajulu,
Kabanjahe, Sumatra Utara. Ia menyelesaikan pendidikannya pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Padjadjaran Bandung (1962). Ia rnengikuti Studi Pascasarjana Linguistik di Rijksuniversjteft Leiden, Belanda (1971—1973). Ia meraih gelar Doktor dalam bidang Linguistik pada Fakultas Sastra Universitas Indonesia (1975) dengan disertasi berjudul “Morfologi Bahasa Simalungun”. Karya-karyanya antara lain: Struktur Sosial Masyarakat Simalungun, Morfoloni Bahasa Simarungun, Prinsip-prinsip Dasar Puisi, Prinsip-prinsip Dasar Fiksi, Prinsip-prinsp Dasar Drama, Prinsip-prinsjp Dasar Kritik Sastra, Penganntar Sintaksis, Bahasa Karo. Sastra Lisan Karo Percikan Budaya Karo, PsIKolingustik Tata Bahasa Tagmemik Linguistik Konstratif
Menyimak (Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa), Berbicara (Suatu Keterampilan
Berbahasa), Membaca (Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa), Menulis (S bagai Suatu
Keterampilan Berbahasa), dan Tatarucingan Sunda.
29. Informasi yang kita dapat sete!ah membaca teks centa ulang biogra di atas adalah
A. Henry Guntur Tarigan adalah seorang tokoh dalarr Bmu hahasa dan sstr.
B. Henry Guntur Tarigan menghasUkan empat karya lmiah.
C. Henry Guntur Tarigan meraih gelar Doktor di Rijksuniversiteit LeVen, Belanda (1 97
D. Henry Guntur Tarigan lahir di Linggajulu, Kabanjahe, Sumatra ULia.
E. Henry Guntur Tarigan lahir di Leiden, Belanda,
30. Konjungsi yang terdapat dalam teks biografi di atas adalah
A. dan, dengan D. dan, disertai
B. dan, pada E. dan, antara
C. dan, dalam
31. Berikut ni yang bukan termasuk kaidah teks cerita pendek adalah ...
A. menggunakan pertanyaan retorik D. menggunakan pilihái ka.
B. menggunakan proses material E. menggunakan tandabca yang efektif
C. menjgunakan konjungsi temporal
32. Ditelaah dan segi bentuk pantun merupakan jenis karya sastra
A. puisi lama D. prosa larna
B. puisi baru E. prosa modern
C. puisi modern
33. Berikut mi yang bukan termasuk struktur teks pantun adalah
A. tiap bait terdari dad empat bans D. dua bans beri nya sebagam penutup
B. tiap bans terdini dad 8-12 suku kata E. bersajak sllan, b-ab
C. dua bans pertama sebagal sampiran
34. Fungsi teks pantun berdasarkan kaidah adalah
A. pendidikan, kasih sayang dan cinta, kecerdasan berbahasa, dan Kecerdasan berbuday
B. pendidikan, kasih sayang dan cinta, penghargaan (tenima ka’ dan kecerdasan berb
C. pendidikan, kasih sayang dan cinta, penghargaan (terima ka dan kecerdasan berbudaya
D kasih sayang dan cinta, penghargaan (terima kasih), kecerd berbudaya
E. kasih sayang dan cinta, penghargaan (tenima kasih), kecenth berbahasa
35. Berdasarkan tingkatan, teks pantun orang tua terbagi atas
A. pantun bersuka cita, pantun berduka
B. pantun perkenalan, pantun berkasih-kasjhan
C. pantun bercerajan, pantun beriba hati
D. pantun nasihat, pantun adat, pantun agama
E. pantun semangat, pantun cinta
36 Berikut mi merupakan struktur cerita ulang yang benar acialah
A. onientasi, pencermtaan interpretative, rekonstruksi, evaluasj, dan evaluatif somasi
B. orientasi, pencerjtaan interpretatif, resolusi, evaluasi, dan evaluatif somasi
C. onientasi, penceritaan interpretatif, evaluasi, dan evaluatif somasi
D. onientasi, evaluasi, dan evaluatif somasi
E. orientasi, rekonstnuksj, evaluasi, dan evaluatif somasi
37. Mengidentifikasj teks cerita ulang berdasarkari tujuan ciapat bersifat
A. naratif, knitis, asosiatif, dan ekspositif
B. deskriptif, naratif, kritis, dan asosiatif
C. informatif, deskriptif, kritis, dan ekspositif
D. informatif, deskniptif, dan asosiatif
E. informatif, deskriptif, evaluatif, dan asosiatif
38. Sebuah teks cerita ulang yang berusaha membenkan gambaran secara singkat tentang suatu buku, merupakan tujuan teks cenita ulang yang berupa
A. infonmatjf D. evaluatjf
B. deskriptif E. asosiatif
C. knitis
39. Mengidentifikasi teks cerita ulang berdasarkan sifatnya yang meliputi
A. ilmiah dan non ilmiah D. ilmiah popular dan studi ilmiah
B. ilmiah dan populen E. studi ilmiah dan studi non ilmiah
C. ilmiah popular dan non limiah
40. Mengidentifikas, teks cerita pendek dapat menggunakan knitenia
A. stnuktur dan kaidah D. kadah dan budaya
B. struktur dan bahasa E. bahasa dan budaya
C. kaidah dan bahasa
Jawablah pertanyaan ini dengan tepat!
Bacalah teks pantun di bawah ini
Jika tãk ingin belakangan
Saat berangkat jangan tenlambat
Jika sadar sudah merusak Iingkungan
selalu terbuka peluang tuk bertobat
41. Analisislah teks patitun tensebut berdasarkan struktun dan kaidah kebahasaannya!
42. Konversikanlah teks tersebut ke dalam bentuk panagraf!
43. Jelaskan ni!ai-nilai yang tenkandung dalam teks cerpen!
44. Jelaskan stnuktur dan kaidah teks cerita ulang!
45. Jelaskan identifikasi teks cenita ulang berdasarkan tujuannyal
Selamat Mengerjakan!!!
0 Response to "Soal Bahasa Indonesia Ujian Semester Gasal Kelas XI 2017"
Posting Komentar