Soal PAS Penjaskes Kelas XI 2017





Soal PAS Penjaskes Kelas XI

ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Mata Pelajaran             : PJOK
Tingkat/Prog. Keahlian : Xl / Semua Program
Han I Tanggal               : Sabtu, 10 Desember 2016
Waktu                           : O7.30—09.3QWIB

Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dan berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E pada lembarjawaban yang tersedia!

1. Ada beberapa macam pegangan raket dalam permainan bulu tangkis, dan ketigĂ  gambar di bawah ini ada keuntungan dan kelemahannya, pegangan yang nomor berapa, sulit untuk melaksanakan gerakan Pukulan backhand
A. 1
B. 2
C. 3
D. I dan 3
E. 2 dan 3

2. Coba sekarang anafisis ketrampilan gerak gambar di bawah ini, 
Berdiri 10 cm dan garis service, kaki kanan di depan dan berat badan tertumpu pada kaki kanan, tangan kin memegang kok dan tangan kanan memegang raket, ayunkan raket  dengan pelan dan lepaskan kok hingga terjadi persentuhan, persentuhan di bawah pinggang  dan sasarannya di belakang garis service lawan.
Ketrampilan gerak tersebut di atas merupakan gerak
A. Ketrampilan gerak pukulan lob D. Ketrampilan .gerak service pendek
B. Ketrampilan gerak pukulan Choop E. Ketrampilan gerak service lob
C. Ketrampilan gerak pukufan Smash

3. Coba analisis ketrampilan gerak pukulan, dapat dilakukan melalui gerakan sebagai berikut:
- Posisi siap dan kaki kin di depan kaki kanan di belakang
- Pandangan ke arah datangnya kock
- Raket dibefakang kepala dan bahu hapus dimana siku dan bahu harus di atas
- Persentuhan terjadi di depan atas kepala
- Sasaran adalah daerah paling depan dekat net pertahanan lawan
Ketrampilan gerak tersebut di atas merupakan gerak
A. Ketrampilan gerak pukulan lob            D. Ketrampiian gerak service pendek
B. Ketrampilan gerak pukulan Choop      E. Ketrampilan gerak service 1db
C. Ketrampilan gerak pukulan Smash

4. Pukulan dalam bulu tangkis yang dapat berfungsi untuk mengatur serangan adalah
A. Ketrampilan gerak pukulan lob       D. Ketampilan gerak service pendek
B. Ketrampilan gerak pukulan Choop E. Ketrampilan gerak service lob
C. Ketrampilan gerak pukulan Smash

5. Pukulan yang sangat penting untuk serangan dalam bulu tangkis adalah
A. Ketrampilan gerak pukulan lob       D. Ketrampilan gerak service pendek
B. Ketrampilan gerak pukulan Choop E. Ketrampilan gerak service lob
C. KetrampHan gerak pukulan Smash

6. Posisi slap, kedua kaki dibuka selebar bahu, lutut ditekuk dan menghadap kearah sasaran. Tangan kiri memegang bola dengan telapak tangan terbuka dan tangan kanan memegang bat yang slap untuk memukul dengan permukaan bet mengarah ke depan. Lambungkan bola sedikit ke atas di depan badan. Pada saat bola turun dan titik tertinggi lambung, ayunkan bet ke depan lurus dengan permukaan bet mengarah ke depan. Bola dipukul dengan cara mernukul ke dalam dengan bet.
Gerakan di atas merupakan teknik dasar ... dalam permainan tenis meja.
A. Service forehand   D. Pukulan backhand
B. Service backhand E. Smash forehand
C. Pukulan forehand

7. Posisi siap, kedua kaki terbuka selebar bahu, lutut sedikit ditekuk dan badan condong ke depan. Tangan kanan memegang bet, tank tangan kanan yang memegang bet ke sebelah kin ayunkan kembali tangan yang memegang bet ke depan sehingga bola terpukul bet.
Tarigan yang memukul tidak menjulurjauh tetapi berhenti. Gerakan diatas merupakan tekñik dasar ... dalam permainan tenis meja.
A. Service forehand   D. Pukulan backhand
B. Service backhand E. Smash forehand
C. Pukulan forehand

8. Perkenaan bet pada bola yang benar saat melakukan teknik servis forehand dan backhand pada permainan tenis meja adalah bagian
A. Atas bola         D. Depan bola
B. Belakang bola E. Bawah bola
C. Samping bola

9. Posisi tubuh yang balk pada saat bermain tenis meja adalah
A. Tegak condor’g ke belakang          D. Tegak agak condong ke depan
B. Tegak agak condong ke belakang E. Tegak dengan posisi menyamping
C. Tegak agak miring ke samping

10. Pada waktu melakukan pukulan forehand bet atau tangan digerakan dan arah
A. Belakang ke depan  D. Depan menyamping
B. Samping ke depan   E. Belakang ke samping
C. Depan ke belakang

11. Analisis ketrampilan gerak melempar bola lurus dengan urutan gerakan sebagai berikut adalah.
A. Berdiri posisi melangkah dengan kaki kin di depan, menighadap ke arah lemparan Tangan kanan memegang bola . Ayunkan tangan kanan ke depan dan arah bawah, saat tangan melintasi badan bola dilepaskan bersamaan melangkahkan kaki kin ke depan arah lemparan bola ke depan menyusur tanah.
B. Berdiri posisi melangkah dengan kaki kin di depan, menghadap ke arah lemparan tangan kanan memegang bola, ayunkan tangan kanan ke depan dan arah bawah, saat tangan melintasi badan bola dilepaskan bersamaan me!ankahkan kaki kin ke depan, lemparan bola ke atas dengan mengayunkan tangan, lempar dan belakang bawah menuju ke atas yang dibantu dengan melecutkan pergelanigan tangan yang melempar sikap akhir dengan gerak lanjutan dan tangan lempar lurus ke depan, dibantu dengan gerak ikutan anggota tubuh lainnya.
C. Berdiri posisi melangkah dengan kaki kin di depan, menghadap ke arah lemparan tangan kanan memegang bola, ayunkan tangan kanan ke depan dan arah bawah, saat tangan melintasi badan bota dilepaskan bersamaan melangkahkan kaki kin ke depan lemparan bola ke depan lurus kurang Iebih meluricun setiniggi daerah pukulan Si penerima akhin gerakan kaki kanan ke depan, berat badan dibawa ke depan
D. Berdiri posisi melangkah dengan kaki kin di depan, menghadap ke arah lempanan tangan kanan memeang bola, ayunkan tangan kanan ke depan dan anah bawah, saat tangan melintasi badan bola dilepaskan bersamaan melangkahkan kaki kin ke clepan lemparan bola ke depan lurus kurang lebih meluncun setinggi dada/oahu penenima bola yang dibantu dengan melecutkan pergelangan tangan lempar.
E. Sikap awal badan menghadap ke arah datangnya bola, kedua kaki sedikit dibuka, badan
dibungkukkan ke depan kedua telapak tangan menghadap ke bola membentuk mangkok tangan kiri menangkap bola dilkuti tangan kanan menutup glove setelah bota ditangkap.

12. Sikap awl badan menghadap ke arah datangnya bola kedua kaki sedikit dibuka badan dibungtcukkan ke depan, kedua telapak tangan menghadap ke bola membentuk mangkok, tangan kin menarigkap bola dilkuti tangan kanan menutup glove setelah bola ditangkap
Gerakan di atas merupakan teknik dasar ... dalam permainan soft ball.
A. Menangkap bola D. Melempar bola lurus
B. Melempar atas    E. Melempar bola rendah
C. Pithching

13. Berdiri posisi melangkah dengan kaki kin di depan, menghadap ke arah lemparan, tangan kanan memegang bola, ayunkan tangan kanan ke depan dan arah bawah, saat tangan melintasi badan,
bola dilepaskan bersaman melangkahkan kaki kin ke depan lemparan bola ke depan lurus kuran lebih meluncur setinggi dada/bahu penerima bola yang dibantu dengan melecutkan pergelangan tangan lempar.
Gerakan di atas merupakan teknik dasar ... dalam permainan soft ball.
A. Menangkap bola D. Melempar bola lurus
B. Melempar atas    E. Melempar bola rendah
C. Pithching

14. Gambar di bawah ml merupakan latihan gerakan dasar
A. Loncatjongkok
B. Loncatkangkang
C. Lompat jongkok
D. Lompat kangkang
E. Lompat kangkang dan loncat kangkanig

15. Perbedaar pada waktu melaksanakan gerak loncat jongkok dengan lompat kangkang pada
ketrampan gerak senam ketangkasan adalah
A, VJktu awalan   D. Waktu mendarat
B. Waktu tolakan E. Waktu Ian
C. Waktu melewati peti lompat

16. Anailsis ketrampilan gerak loncatjongkok melalui tahapan gerakan sebagal berikut adalah
A. Awalan Ian cepat Bahu dan pinggul segera membuka kembali untuk mendarat, pendaratan dilakukan dengan
urutan ujung kaki, lalu seluruh kaki, lutut ditekuk den pnggul dibungkukkan berdiri tegak,
pandangan ke depan untuk menjaga keseimbangan. Tolakan kedua kaki rapat, pegang peti
ompat dengan kedua tangan sedikit bengkok, tahan kedua tangan di atas peti lompat dengan
kecenderungan gerak bahu melaju ke depan, posisi badan lurus atau sedikit melengkung. Ketika
kedua tangan menolak, kedua lutut segeea ditanik ke dada sehingga menjongkok, badan dan
iengan terangkat ke atas depan karera dorongan kedua :n:r
B. Tolakan kedua kaki rapat, pegang peti lompat dengan kedua tangan sedikit bengkok, tahan
kedua tangan di atas peti lompat dengan kecenderungan gerak bahu melaju ke depan, posisi
badan lurus atau sedikit melengkung. Ketika kedua tangan menolak, kedua Iutut segera ditanik ke
dada sehingga menjongkok, badan dan lengan terangkat ke atas depan karena dorongan kedua
lengan.
C. I oakan kedua kaki rapat, pegang peti lompat dengan kedua tangan sedikit bengkok, tahan
kedua tangan di atas peti lompat dengan kecenderungan gerak bahu mélaju ke depan, posisi
badan lurus atau sedikit melengkurig. Ketika kedua tangan menolak, kedua lutut segena ditanik ke
dada sehingga menjongkok, badan dan lengan terangkat keatas depan karena dorongan kedua
lengan. Bahu dan pinggul segera membuka. kembali untuk mendarat, pendaratan dilakukan
dengan unutan ujung kaki, lalu seluruh kaki, lutut ditekuk dan pinggul dibungkukkan berdiri tegak,
pandangan ke depan untuk menjaga keseimbangan.
D. Awalan Ian cepat
Tolakan kedua kaki rapat, pegang peti lompat dengan kedua tangan sedikit bengkok, tahan
kedua tangan di atas peti lompat dengan kecenderungan gerak bahu melaju ke depan, posisi
badan lurus atau sedikit melengkung. Ketika kedua tangan menolak, kedua lutut segera ditank ke
dada sehingga menjongkok, badan dan lengan terangkat keatas depan karena dorongan kedua
lengan. Bahu dan pinggul segera membuka kembali untuk mendarat, pendaratan dilakukan
dengan urutan ujung kaki, lalu seluruh kaki, lutut ditekuk dan pinggul dibungkukkan berdiri tegak,
pandangan ke depan untuk menjaga keseimbangan.
E. Awalan Ian cepat
Tolakan kedua kaki rapat, pegang peti lompat dengan kedua tangan sedikit bengkok, tahan
kedua tangan di atas peti lompat dengan kecenderungan gerak bahu melaju ke depan, posisi
badan lurus atau sedikit rnelengkung. Ketika kedua tangan menolak, kedua lutut segera dibuka
sehingga kaki terbuka lebar meiwati bok, badan aan lengan terangkat keatas depan karena
dorongan kedua lengan. Bahu dan pinggul segera membuka kembali untuk mendarat,
pendaratan dilakukan dengan urutan ujung kaki, lak; seluruh kaki, lutut ditekuk dan pinggul
dibungkukkan berdiri tegak, pandangan ke depan untuk menjaga keseimbangan.

17. Sikap kedua lengan yang benar saat melakukan senam irama tahap persiapan ayunan satu lengan adalah
A. Lurus ke depan badan D. Lurus ke belakang badan
B. Silang depan badan     E. Lurus atas kepala
C. Lurus sam ping badan

18. Didalam penyusunan rangkaian senam irama terdini dan
A. Pemanasan        D. Pemanasan dan Intl
8. Intl                       E. Pemanasan, Intl dan pendinginan
C. Pendinginan

19. Gerak Iangkah pada senam irama, kaki kin melangkah ke depan, kemudian disusulkan kanan melangkah bertumpu di samping dan sejajar dengan kaki kin, kemudian kaki kanan melaigkh disusul kaki kin sejajar, Iangkah tersebut disebut.
A. Langkah rapat  D. Langkah berurutan
B. Langkah silang E. Langkah keseimbangan
C. Langkah selajar

20. Gambar di bawah mi merupakan latihangerakan dasar
A. Gerakan lengan pada renang gaya crawl
B. Gerakan lengan pada renang gaya kupu-kupu
C. Gerakan lengan pada renang gaya katak
D. Gerakan Iengan pada renang gaya punggung
E. Gerakan lengan pada renang gaya menolong

21. Bentuk gerakan tangan pada renang gaya punggung sebagal berikut kecuali
A. Cara melalukan kayuhan tangan gaya punggung mulal dengan meluncur terlentang, tangan
terjulur di sebelah atas kepala dan telapak tangan menghadap keluar.
B. Putar lengan bawah keluar sehingga telapak tangan menghadap ke bawah, seolah-olah ingin
menjangkau pingir kolam
C. Saat tangan hampir terjulur penuh, putar selunuh lengan ke posisi telapak tangan tertelungkup
dan tekan ke bawah. Gunakan tekanan tangan ke arah bawah mi membantu meminingkan tubuh
kea rah yang berlawan dan mengankat bahu untuk pemulihan tangan.
D. Saat tangan melewati ketinggian bahu dalarn tahap pemulihan, putar seluruh lengan sehingga
ujung-ujung jarinya menunjuk ke Iuar, rnenjauh tubuh. Julurkan Iengan sejauh mungkin ke depan,
saat mulai memiringkari tubuh ke sisi tersebut kembali dan tangan dalam air, telapak tangan
tentelungkup slap untuk memulai kayuhan berikutnya. Lemaskan pergelangan tangan putar
lengan ke luar
E. Posisi kedua Iengan harus selalu sejajar saat tangan melakukan kayuhan maka keduanya
melakukannya.

22. Kaki dan paha dengan posisi lurus. Lutut tidak boleh di tekuk. Kedua telapak kaki berdekatan (agak rapat) satu sama lainnya, kemudian gerakkan kedua kaki secara bersaman sedikit ke atas
permukaan air, kemudianjatuhkan ke dua kaki secara bersamaan ke bawah sehingga memunculkan dorongan ke depan. Dan panggul akan terdorong dan naik ke depan, pernyataan ini sebagai gerakan kaki pada renang gaya?
A. Dada  D. Kupu—kupu
B. Crawl  E. Punggung
C. Bebas

23. Kedua lengan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan berdekatan tapi tidak menempel satu dengan yang lain), kemudian tank kedua tangan ke bawah secara bersamaan, terus tank sampai
belakang, kemudian angkat kedua tangan secara bersamaan keluar dan permukaan air dan ayunkan kembali ke depan, lalu ulangi terus menerus pernyataan mi sebagai gerakan kaki pada renang gaya?
A. Dada  D. Kupu-kupu
B. Katak E. Punggung
C. Craw

24. Posisi kepala yang benar saat melakukan renang gaya punggung adalah
A. Sejajar dengan permukaan air        D. Memutar permukean air
B. Tegak lurus dengan permukaan air E. Menyudut permukaan air
C. Menendang permukaan air

25. Dalam peaksanaan lomba renang gaya punggung, perenang sudah dinyatakan masuk finish apabila
A. Salah satu kaki telah menyentuh dinding koläm
B. Kedua kaki telah menyentuh dinding kolam
C. Badan telah menyentuh dinding kolam
D. Tangan telah menyentuh dmnding kolam
E. Kepala telah menyentuh dinding kolam

26. Gambar di bawah mi menupakan latihan gerakan dasar
A. Latihan gerakan kaki pada gaya crawl
B. Latihan gerakan kaki pada gaya kupu—kupu
C. Latihan gerakan kaki pada gaya dolphin
D. Latihan gerakan kaki pada gaya punggung
E. Latihan gerakan kaki pada gaya katak

27.’ Renang gaya bebas merupakan salah satu gaya renang yang banyak digemani. Berikut ml adalah merupakan teknik-teknik dasar renang gaya bebas kecuali...
A. Posisi badan di atas permukaaan air saat mengapung
B. Gerakan kaki
C. Gerakan lengan
D. Pengambilan nafas
E. Posisi badan tegak lurus dan permukaan air

28. Gambar di samping ni merupakan latihan rangkaian renang gaya.
A. Gaya punggung
B. Gaya dada-dada
C. Gaya kupu-kupu
D. Gaya bebas
E. Gaya crawl

29. Dalam gerakan meluncur pada renang gaya dada, sikap badan dan lengan...
A. Badan horizontal kedua tangan merapat ke badan
B. Badan tegak lurus tangan rapat di samping badan
C. Badan membelakangi air dan targan lurus
D. Badan lurus, kedua tangan lurus ke depan
E. Badan vertikal, kedua tangan lurus ke depan

30. PengambIan nafas renang gaya dada dilakukan pada akhir gerakan tangan dengan cara ,,. , dan permukaan air kemudian secepatnya mengambil udara melalui mulut. Selanjutnya kepala dimasukan
lagi ke dalam air kemudian udara dikeluarkan pelan-pelan ke dalam air melalul hidung. Pada saat kpala di datam air, pandangan ke bawah depan.
A. Memut !7ala ke kin dan ke kanan
B. Menariklmengangkat kepala ke belakang sampai mulut keluar
C. Mendorong kepala ke depan
D. Memasukan kepala ke dalam air
E. Menarik / mengangkat kepala ke depan sampal mulut keluar

31. Dayungan tangan renang gaya dada dilakukan dengan cara
A. Menarik kedua tangan ke samping belakang bawah dan pada saat kedua tangan sejajar dengan bahu dilanjutkan gerakan menarik dan memutar ke arah bawah (dada) dan dilanjutkan mendorong ke dua tangan ke depan sampai lurus.
B. Menidorong air secara bersamaan dan pada saat kedua tangan sejajar dengan bahu dilanjutkan gerakan menanik dan memutar ke arah bawah (dada) dan dilanjutkan mendorong ke dua tangan ke depan sampai lurus.
C. Memukulmuku) air secara bersamaan dan pada saat kedua tangan sejajar dengan bahu dilanjutkan gerakan menanik dan memutar ke arah bawah (dada) dan dilanjutkan mendorong ke dua tangan ke depan sampal lurus.
D. Memutar tangan secara bergantian dan pada saat kedua tangan sejajar dengan bahu dilanjutkan gerakan menarik dan mem’jtar ke arah bawah (dada) dan dilanjutkan mendorong ke dua tangan ke depan sampai lurus
E. Menanik kedua tangan ke belakang bawah dan pada saat kedua tangan sejajar dengan bahu dilanjutkan gerakan menarik dan memutar ke arah bawah (dada) dan dilanjutkan mendorong ke dua tangari.ke depan sampal lurus.

32. Pertolongai pertama pacla kecelakaan adalah bantuan pertama yang diberikan kepada orang yang cidera a!zbat kecelakaan sebelum ditangani oleh tenaga medis dengan sasaran menyelamatkan nyawa, menghindari cidera dan mempercepat penyembuhan. Kecelakaan disekitar kolam renang
bermacammacam. Namunbiasa terjadi adalah sebagai berikut
A. Berhent bernafas secara mendadak D. Tenggelam
B. Shok                                                  E. Patah tulang
C. Krarn

33. Dalam upaya pencegahan terjadinya keceiakaan air pada saat aktivitas berenang, setiap perenang penlu memperhatikan dan melaksanakan peraturan-peraturan yang telah dirancang demi
keselamatan dan memperkecil resiko kecelakaan, berikut merupakan nambu-rambu keselamatan berenang kecuali
A. Jika anda baru saja belajar berenang, sebaiknya belajar ditempat dangkal
B. Janan berlari mengitari tepi kolam, kamu isa tergelincir dan rnendapatkan luka atau jatuh 
C. Pernanasan badan sebelum anda berenang agar rnencegah kram
D. Tidak boleh berenang dengan perut kosong
E. Berenang setelah makan

34. Upaya mencegah peredaran NAZPA di sekolah sebagal berikut acialah
A. Razia dengan cara sidak. Melarang orang yang tidak berkepentingan untuk masuk dWngkungan sekolah. Melarang siswa k&uar sekoah pada jam pelajaran tanpa.ijin guru. Membiarkan anak
sejak datang sampal dengan pulang sekolah
B. Razia dengan cara sidak. Melarang orang yang tidak berkepentingan untuk masuk diHngkungan sekolah. Membina kerja sama yang balk dengan berbaga pihak. Membiarkan anak sejak datang
sampai dengan puang sekolah
C. Razia dengan cara sidak. Melarang siswa kekiar sekofah pada jam pelajaran tanpa jlfl guru. Membina kerja sama yang baik dengan berbagai pihak. Membiarkan anak sejak datang sarnpai
dengan pulang sekolah
D. Melarang orang yang tidak berkepentingan untuk masuk dilingkungan sekolah. Meiarang siswa keluar sekolah pada jam pelajaran tanpa Uir guru. Membina kèrja sama yang balk dengan
berbagai pihak
E. Membiarkan anak sejak datang sampai dengan pulang sekolah. Razia dengan cara sidak.
Melarang orang yang tldak bekepentingan untuk masuk dilingkungan sekolah. Mearang siswa keluar sekolah pada jam pelajaran tanpa ijin guru. Membina kerja sama yang balk dengan
berbagai pihak

35. Dampak NAZPA pada tubuh manusia, dikareriakan komplikasi medik digunakannya dalam jumlah
yang banyak dan cukup lama adalah sebagal berikut.
A. Otak dan susunan syaraf pusat yang berakibat pada gangguan daya ingat. Saluran nafas akan terjadi radang paru. ,antung, terjadi peradarigan otot janwng, penyempitan pembuiuh darah
jantung. Penyuburan Sistem reproduksi yang ada bagi perempuan
B. Otak dan susunan syaraf pusat yang berakibat pada gangguan daya ingat. Salurari nafas akan terjad radang paru. Hati, terjadi Hepatitis B dan C yang menlar melalui jarum suritik dan
hubungan seksual, Penyuburan Sistem reproduksj yang ada bagi perempuan
C. Otak dan susunan syaraf pusat yang berakibat pada gangguan daya ingat. Jantung, terjadi peradangan otot jantung, penyempitan pembuJuh darah janturig. Hati, terjadi Hepatitis B dan C
yang menuar melalul jarum suntik dan hubungan seksuai. Penyuburan Sistem reproduksi yang ada bagi perempuan
D. Saluran nafas akan terjadi radang paru. Jantung, terjadi peradangan otot jantung, penyempitan pembuluh darah jantung. Hati, terjadi Hepatitis B dan C yang menular melalui jarum suntik dan
hubungan seksual. Penyuburan Sistem reproduksi yang ada bagi perempuan
E. Otak dan susunan syaraf pusat yang berakibat pada gangguan daya ingat. Saluran nafas akan trjadi radang paru. Jantung, terjadi peradangan. otot jantung, penyempitan pembuIuh darah
jantung. Hati, terjadi Hepatitis B dan C yang menuar rnealui jarum suntik dan hubungan seksual

36. Dampak NAZPA pada aspek sosial pada keuarga adalah sebagai berikut
A. Suasana nyaman dan tentram dalarn keluarga terganggu karena sering terjadi pertengkaran dan
muah tersinggung. Orarig tua resan karena barang berharga sering hifang. Perilaku
menyimpang (berbohong, mencuri, tidak tertib, hidup bebas) dan menjadi aib keluarga. Putus
sekolah sehingga merusak kehidupan keluarga, kesulitan keuangan keluarga. Orang tua optimis
karena perilaku anaknya yang mempunya; prestasi
B. Suasana nyaman dan tentram dalam keluarga terganggu karena sering terjadi pertengkaran dan
mudah tersinggung. Orang tua resah karena barang berharga sering hilang. Perilaku
menyimpang ( berbohong, mencuri, tidak tertib, hidup bebas) dan menjadi aib keluarga. Orang
tua optimis karena perilaku anaknya yang mempunyai prestasi
C. Suasana nyaman dan tentram dalarn keluarga terganogu karena sering terjadi pertengkaran dan
miiah tersinggung. Orang tua resah karena barang berharga ser;ng hilang. Orang tua optimis
karena perifaku anaknya yang mempunyal prestasi. Putus sekolah sehngga merusak kehidupan
keluarga, kesulitan keuangan
D. Suasana nyaman dan tentram dalam keluarga terganggu karena sering terjadi psrtengkaran dan
mudah tersinggung. Orang tua rasah karena bararig berharga sering hilang. Perilaku
menyimpang ( berbohong, mencuri, tidak tertib, hidup behas) dan menjadi aib keluarga. Putus
sekolah sehingga merusak kehidupan keJuarga, kesuitan keuangan
E. Orang tua resah karena barang berharga sering hHang.PerUaku menyimpang (berbohong,
mencuri, tidak tertib, hidup bebas) dan menjadi aib keluarga. Orang tua optimis karena perilaku
anaknya yang mempunyai prestasi. Putus sekolah sehingga merusak kehidupan keluarga,
kesulitan keuangan

37. Pencegahan penyalahgunaan Narkoba dan psikotropika terhadap diii sendiri diantaranya sebagal berikut.
A. Belajar untuk mengatakan tidak, balk kepada din sendini ataupun kepada orang lain yang mencoba menawarkan barang haram kepada kita. Tidak usah terpancing karena dibilang KU PER (kurang pergaulan). Bergaul dengan sembarang orang. Tidak usah selalau ingin dianggap, misalnya dianggap hebat, dianggap gaul
B. Belajar untuk mengatakan tidak, balk kepada diii sendiri ataupun kepada orang lain yang mencoba menawarkan barang haram kepada kita. Tidak usah terpancing karena dibng KUPER
(kurang pergaulan). Bergaul dengan sembarang orang. Jangan pernah mencoba, sekali mencoba narkoba maka seumur hidup sengsara
C. Belajar untuk mengatakan tidak, baik kepada din sendini ataupun kepada orang lain yang mencoba menawarkan barang haram kepada kita. Tidak usah terpancing karena dibilang KU PER
(kurang pergaulan). Tidak usah selalau ingin dianggap, misalnya dianggap hebat, dianggap gaul, dianggap gaul. Jang2n pernah mencoba, sekali mencoba narkoba maka seumur hidup sengsara
D. Belajar untuk mengatakan tidak, balk kepada din sendiri ataupun kepada orang lain yang mencoba menawarkan barang haram kepada kita. Bergaul dengan sembarang orang. Tidak usah
selalau ingin dianggap, misalnya dianggap hebat, dianggap gaul. Jangan pernah mencoba, sekali mencoba narkoba maka seumur hidup sengsara
E. Tidak usah terpancing karena dibilang KUPER ( kurang pergaulan). Bergaul dengan sembarang orang. Tidak usah selalau ingin dianggap, misalnya dianggap hebat, dianggap gaul. Jangan
pernah mencoba, sekali mencoba narkoba maka seumur hidup sengsara. Belajar untuk mengatakan tidak, balk kepada diii sendini ataupun kepada orang lain yang mencoba menawarkan barang haram kepada kita

38. Pencegahan penyalahgunaan Narkoba dan psikotropika terhadap lingkungan keluarga adalah sebagai berikut
A. Ciptakan suasana yang hangat dan bersahabat sehingga membuat anak rindu untuk pulang ke rumah. Meluangkan waktu untuk kebersarnaan. Memberikan kebebasan yang tidak bertanggung
jawab. Kembangkan komunikasi yang balk
B. Ciptakan suasana yang hangat dan bersahabat sehingga membuat anak rindu urituk pulang ke rumah. Meluangkan waktu untuk kebersamaan. Memberikan kebebasan yang tidak bertanggung
jawab. Memperkuat kehidupan beragama
C. Ciptakan suasana yang hangat dan bersahabat sehingga membuat anak rindu untuk pulang ke rumah. Meluangkan waktu untuk kebersamaan. Kembangkan komunikasi yang balk.
Memperkuat kehidupan beragama
D. Ciptakan suasana yang hangat dan bersahabat sehingga membuat anak nindu untuk pulang ke
rurrvh. Memberikan kebebasan yang tdak bertanggung jawab. Kembangkan komunikasi yang
balK. Memperkuat kehidupan beragama
E, Meuangkan waktu untuk kebersamaan. Memberikan kehebasan yang tidak bertanggung jawab. Kemangkan komunikasi yang balk. Memperkuat kehidupani beragama

39. Jpaya penanggulangan penyalahgunaan Narkoba dan psikotropika dapat dilakukan melalui heberapa cara.
A. Preventif, Kuratif, Rehabilitatif, Sensitif
B. Preventif, Kuratif, Represif, Sensitif
C, Preventif, Rehabilitatif, Represif, Sensitif
D. Kuratif, Rehabilitatif, Represif, Sensitif
E. Preventif, Kuratif, Rehabilitatif, Repnesif

40. Yang merupakan bahaya besan penyakit HIV IAIDS yaitu
A. Tidak ada obat, Kematian,Tidak bermoral, Mempunyal kekebalan tubuh
B. Tidak ada obat, Kematian, Seks bebas, Mempunyai kekebalan tubuh
C. Tidak ada obat, Tidak bermonal, Seks bebas, Mempunyal kekebalan tubuh
D. Kematian, Tidak bermoral,Seks bebas, Mempunyai kekebalan tubuh
E. Tidak ada obat, Kematian, Tidak bermoral, Seks bebas

41. HIV mudah mati di luar tubuh manusia. Oleh karena itu HIV tidak dapat ditularkan contak sosial sehani-hani, cara penularan HI V/AIDS adalah sebagai berikut
A. Ibu hamil yang mengidap HIV kepada bayl yang dikandungnya
B. Bersenggolan dengan pengindap HIV
C. Penderita bersin atau batuk
D. Sama-sama berenang di kolam renang
E. Melalui gigitan nyamuk atau serangga lainnya

42. Pernyataan yang salah pada kalimat di bawah mi adalah
A. Penyakit AIDS menyerang kekebaIan tubuh
B. Penyakit AIDS mengakibatkan berkurangnya kemampuan —
C. Penyakit AIDS merupakan penyakit turunan
D. Pen ularan penyakit AIDS melalui seks bebas
E. AIDS merupakan kumpulan gejala penyakit yang disebabkan oleh virus HIV

43. Orang-orang yang memiliki perilaku beresiko tinggi menularkan atau tertular penyakit AIDS adalah
A. Wanita dan Iaki-laki yang berganti-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual dan pasangannya.
B. Bersenggolan dengan pengindap penyakit HIV
C. Berjabat tangan dengan pengindap penyakit HIV
D. Sama-sama berenang dikolam renang dengan pengindap penyakit HIV
E. Penderita AIDS bersin atau batuk di depan kita

44. Virus HIV menyerang tubuh manusia pada bagian
A. alat vital D. sistem metabolisme
B. sistem kekebalan tubuh E. sistem jaringan syaraf
C. alat reproduksi

45. Bentuk kontak yang memungkinkan terjadinya proses penularan virus HIV adalah sebagai berikut
A. Hubungan seksual dengan pengidap, transfusi darah yang tercemar virus HIV Penularan ibu hamilterhadapjanin, memakai pakaian bekas pengidap HIV
B. Hubungan seksual dengan pengidap, transfusi darah yang tercemar virus HIV, Memakai jarum bekas penderita, memakai pakaian bekas pengidap HIV
C. Hubungan seksual dengan pengidap, penularan ibu hamil terhadap janin, memakai jarum bekas penderita HIV, Memakai pakalan bekas pengidap HV
D. Transfusi darah yang tercemar virus HIV, Penularan ibu hamil terhadap janin, memakai jarum bekas penderita HIV, memakai pakalan bekas pengidap HIV
E. Huburigan seksual dengan pengidap, transfusi darah yang tercemar virus HIV, penularan ibu hamil terhadap janin, memakai jarum bekas penderita HIV

46. Seks bebas (free sex) merupakan perilaku penyimpangan seksual. Seks bebas berkembang dan suatu budaya barat yang menekankan pada kebebasan. Didalamnya terdapat unsur-unsur kebebasan, seperti bebas melakukan hubungan seksual sebelum menikah, bebas berganti-ganti
pasangan dan bebas melakukan hubungan seksual usia dliii. Perilaku seks bebas sudah berkembang sedemikian rupa di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Dan aspek medis
seks bebas memiliki banyak resiko dan konsekuensi diantaranya sebagai berikut.
A. Periyakit menular seksual ( PMS ), Kangker mulut rahim ( cervix), Infertilitas, Pra Menstruasi Syndrome.
B. Penyakit menular seksual ( PMS ), Kangker muiut rahim ( cervix ), Infeksi, Pra Menstruasi Syndrome.
C. Penyakit menular seksual ( PMS), Infertilitas, Infeksi, Pra Menstruasi Syndrome.
D. Kangker mulut rahim (cervix), Infertilitas, !nfeksi, Pra Menstruasi Syndrome.
E. Peniyakit menular seksual ( PMS), Kangker mulut rahim (cervix), Infertilitas, unfeksi

47. Seks bebas sangat berbahaya karena sangat bertentangan dengan norma-norma agama, masyarkat dan mempunyai dampak negatif diantaranya.
A. Hilangnya keperawanan dan keperjakaan, indikasi fisik yang jelas terjadi perempuan, yakni robeknya selaput dara.
B. Kehamilan, penilaku seks bebas dapat mengakibatkan kehamilar, padahal Pasangan tersebut belum terikat secara perkawinan, biasanya kehamilan yang tidak diinginkan.
C. Aborsi dengan sega resikonya, jika hubungan intim sudah berubah kehamilan Maka biasanya pasangan tersebut akan melakukan pengguguran kanidungan resikoniya pendarahan sampal pada kematian
D. Mempunyai etos kerja yang sangat tinggi, optimitis dan sanggup berkompetisi ( bersaung)
E. KetagihĂ n, karena sudah merasakan kenikmatan, maka muaah sekali muncul rasa ketagihan.

48. Banyak dampak negatif dan perilaku seks bebas, oleh karena itu diperlukan suatu cara penanggulangan untuk menghindari seks bebas. Cara yang dapat ditempuh untuk menghindari seks bebas sebagal berikut
A. Membentengi din denigan meningkatkan kemanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Menyalurkan minat, bakat dan potensi pada aktivitas positif dalam mengisi waktu luang,
misalnya ekstra kurikuler dan ko-kunikuler. Fokus derigan pelajaran d sekolah. Berpacaran sejak remaja. Selatu terbuka pada teman, guru dan orang tua hingga mereka tahu segala aktivitas kita
B. Membentengi din dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Menyalurkan minat, bakat dan potensi pada aktivitas positif dalam mengisi waktu luang,
misalnya ekstra kurikuler dan ko-kurikuler. Fokus dengan pelajaran di sekolah. Berpacaran sejak remaja. Selalu terbuka pada teman, guru dan orang tua hingga mereka tahu segala aktivitas kita
C. Membentengi din dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Menyalurkan minat, bakat dan potensi pada aktivitas positif dalam mengisi waktu luang,
misalnya ekstra kurikuler dan ko-kunikuler. Berpacaran sejak remaja. Selalu terbuka pada teman, guru dan orang tua hingga mereka tahu segala aktiftas kita
D. Membentengi din dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Fokus dengan pelajaran di sekolah. Berpacaran sejak remaja. Selalu terbuka pada teman,
guru dan orang tua hingga mereka tahu segala aktivitas kita
E. Menyalurkan minat, hakat dan potensi pada aktivitas positif dalam mengisi waktu luang, misalniya ekstra kurikuler dan ko-kurikuler. Fokus dengan pelajaran di sekolah. Berpacaran sejak
remaja. Selalu terbuka pada teman, guru dan orang tua hingga mereka tahu segala aktiuvitas kita

49. Perasaan Penyimpangan penilaku seks atau seks bebas akan berpengaruh pada aspek sosial — psikologis. Secara mental kualitas pelaku seks bebas cenderung akan...
A. Etos kerja yang tiriggi D. Sanggup berkompetisi
B. Rendah din E. Percaaya dirt
C. Optimis

50. Mencegah seks bebas merupakan suatu hal yang harus bersifat kooperatif dart berbagai aspek diantaranya dirt sendini, yang bukan merupakan pencegahan seks bebas dan din sendiri adalah
A. Tingkatkan keimanan dan selalu dekatkan din kepada Tuhan YangMaha Esa
B, Jauhilah narkotika dan pergautan tanpa batas
C. Isi hart-hart dengan aktivitas dan berolahraga
D. Hindani pergaulan negatif
E. Membangun sikap saling percaya antara orang tua dan anak
Selalu ingun berbuat, mengulangi dan semakin susah mangendalikan din.


Klik Disini Untuk Format PDF


SELAMAT MENGERJAKAN !!!



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal PAS Penjaskes Kelas XI 2017"