PAS Gasal Produktif Multimedia Kelas XII 2018







PAS Gasal Produktif Multimedia Kelas XII

Mata Pelajaran : ProduktifMultimedia
Program Keahlian :  Multimedia
Kelas / Semester : XII / Gasal
Hari, Tanggal   :  Jumat, 8 Desember 2017
Waktu               :  09.30 – 11.00 (90 menit)

I. Berilah tanda silang ( x ) pada jawaban A, B, C, D atau E yang Anda anggap paling benar!

1. Yang dimaksud dengan gambar 3D adalah …
A.      Bentuk dari benda yang mempunyai ruang lebar dan tinggi
B.      Bentuk darib enda yang mempunyai ruang benda lebar dan panjang
C.      Bentuk dari benda yang mempunyai ruang, lebar, panjang dan tinggi
D.      Ruang benda yang memiliki keteraturan bentuk
E.      Ruang pada benda yang mempunyai detail panjang dan tinggi yang sama

2. Tube adalah perintah untuk membuat  cylinder tabung  yang memiliki  lubang di tengah. Perintah  tersebut  terdapat pada kelompok...............
A. splines D. compound  object
B. standart  primitives E. particle  systems
C. extended primitives

3. Bentuk bola pada  pengolah  obyek 3D yang terdiri atas  permukaan-permukaan  segitiga yang setelah  dirender  bola ini  sedikit lebih halus dibandingkan  dengan  bola standar disebut  dengan  ..........
A. cylinder D. geosphere
B. plane E. sphere
C. torus

4. Bila telah selesai bekerja dengan suatu file 3DsMAX maka anda dapat menyimpan gambar kerja dengan cara …
A. File-reset-yes D. File-reset-yes
B. File-save-reset-exit E. File-save-view-yes
C. File-save-ok

5. Untuk memberikan tekstur berupa warna pada objek atau teks pada software 3DsMax, cukup menekan . . . . pada keyboard
A. A D. N
B. B E. Q
C. M

6. Perintah keyboard (shortcut) untuk merender cepat (quick render) pada software aplikasi 3 dimensi adalah..............
A. F3 D. F8
B. F4 E. F9
C. F7

7. Penguatan Karakter terdapat pada latar belakang suatu objek disebut...
A. Particle System D. Audio
B. Standart Primtive E. TimeLine
C. Environment

8. Kombinasi antara seni dan teknologi disebut...
A. Animasi D. Environment
B. Efek Khusus E. Rigging
C. Efek Visual

9. Proses pemberian tulang pada object disebut.....
A. Environment D. Environment
B. Efek Visual E. Rigging
C. Efek Khusus

10. Dapat menghasilkan butiran seperti salju, air hujan, semburan air dll disebut...
A. Particle System D. Audio
B. Standart Primtive E. TimeLine
C. Environment

11. Peralatan ini berfungsi mengkonversi gelombang suara menjadi sinyal audio..
A. Speaker         D. Mixer
B. Microphone E. Amplifier
C. Equalizer

12. Peralatan berikut ini di gunakan untuk mencampur sinyal audio dari sumber
A. Equalizer D. Speaker
B. Mixeraudio E. Mikrophone
C. Amplifier

13. Pada Audio level, warna apakah yang ditunjukkan ketika audio mencapai peak level?
A. Merah      D. Kuning
B. Hijau      E. Biru
C. Hitam

14. Sound Card adalah salah satu card pada computer yang berfungsi untuk mendengarkan suara dari komputer dengan menambahkan perangkat tambahan ….
A. Headphone D. Transletter
B. Speaker      E. A dan B benar
C. Printer

15. Colokan audio pada komputer terseting standar yang berfungsi untuk mengeluarkan suara berwarna :
A. Biru      D. Kuning
B. Merah Muda E. Merah
C. Hijau

16. Berikut adalah cara untuk membuka sound panel didalam Windows :
A. Control Panel > Sound and Audio Devices
B. Program Files > Sound
C. Control Panel > Sound and Mixer Devices
D. Program Files > Sound Devices
E. Control Panel > Mixer Devices

17. Dibawah ini adalah cara membuka software Adobe Audition, kecuali :
A. Start > Adobe Audition
B. Klik Icon Adobe Audition pada desktop
C. Klik Audition.exe pada program instalan
D. Klik Setup.exe pada program instalan
E. Salah semua

18. Berikut adalah menu yang terdapat File dalam software  Adobe Audition, kecuali :
A. Open      D. Exit
B. Edit    E. Save
C. Close   

19. Yang bukan cara untuk memasukkan file audio kedalam project adobe audition adalah..
A. File > Open          D. Drag n Drop dari File Explorer
B. File > Import    E. Ctrl + I
C. Klik 2x pada tab File

20. Pada Audio level, warna apakah yang ditunjukkan ketika audio mencapai peak level?
A. Merah          D. Kuning
B. Hijau    E. Biru
C. Hitam

21. Desain grafis adalah suatu bentuk seni lukis (terapan) yang memberikan kebebasan kepada sang desaianer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ….
A. ilustrasi D. garis
B. photo    E. brosur
C. tulisan

22. Sistem pewarnaan gambar yang biasa ditampilkan pada layar monitor dengan warna primer merah,hijau dan biru adalah....
A. CMYK D. Brighnest
B. RGB E. Contras
C. Saturation

23. Berikut elemen-elemen desain grafis, kecuali ... .
A. garis D. irama
B. tekstur E. bidang
C. warna

24. Berikut ini adalah software pengolah gambar bitmap, kecuali ....
A. Adobe Ilustrator D. Corel PhotoPaint
B. Microsoft Paint    E. Macromedia Firework
C. Photoshop

25. Suatu format berkas grafik, yang dapat berisikan grafik vektor, teks ataupun bitmap adalah....
A. JPG D. GIF
B. BMP E. PNG
C. EPS

26. Pernyataan berikut ini yang benar adalah....
A. kualitas gambar grafik vektor lebih baik dari desain bitmap
B. warna gambar pada vektor lebih kompleks dari bitmap
C. dpi semakin kecil kualitas gambar semakin baik
D. kualitas gambar semakin baik jika dpi semakin tinggi
E. dpi terdapat pada desain vektor dan bitmap

27. Pengolahan grafis seperti logo, kop surat, kartu nama cocok menggunakan program grafis berbasis....
A. Vektor D. CAD
B. Raster E. Clip Art
C. Bitmap

28. Untuk menambah layer pada timeline layer adalah dengan mengklik gambar nomor …..
A. 1 D. 4
B. 2 E. 5
C. 3

29. Default untuk penyimpanan file dari software Flash adalah :
A. fla D. Swf
B. Cdr E. Jpg
C. Avi

30. Kumpulan titik disebut :
A. Bitmap D. Layer
B. Pixel E. Intensitas
C. Contras

31. Jumlah pixel persentimeter adalah :
A. Pixel D. Layer
B. Render E. Inten sitas
C. Resolusi

32. Adalah panel untuk mengorganisasikan layer dan mengontrol jalannya animasi flash...
A. Menu Bar D. Stage
B. Timeline E. Property Inspector Panel
C. Library Panel

33. Pada Micromedia Flash 8, kondisi default ukuran stage adalah ….
A. 800 X 600 pixels D. 400 X 550 pixels
B. 600 X 800 pixels E. 1280 X 800 pixels
C. 550 X 400 pixels

34. Cara menambah frame adalah …..
A. Insert > Frame D. Insert > Timeline > Frame
B. Delete > Frame E. Insert > Frame > Frame
C. Insert > Timeline Effects > Frame

35. Adalah frame induk yang berisi objek atau animasi symbol yang dibuat pada area stage.
A. Frame    D. Select all frames
B. Blank Keyframe E. Keyframe
C. Convert to keyframes

36. Subselection tool digunakan untuk….
A. Mengubah bentuk melalui titik-titik pada pinggiran objek.
B. Mengubah warna objek.
C. Mengubah jenis frame pada sebuah layer.
D. Mengubah warna stage.
E. Membuka properties pada sebuha objek.

37. Singkatan dari fps adalah …
A. frame per second
B. file per second
C. keyframe per second
D. frame rate per second
E. Framekey per second

38. Suatu kegiatan yang dilakukan setelah proses shooting dan menata agar video yang dihasilkan menjadi lebih bagus disebut ?
A. Proses capture  video
B. Proses editing video
C. Proses rendering video
D. Proses importing video
E. Proses eksporting video

39. Proses pemindahan video hasil shooting dari dvcamcoder ke personal  computer  disebut ?
A. Proses capture  video
B. Proses editing video
C. Proses rendering video
D. Proses importing video
E. Proses eksporting video

40. Kartu yang terdiri atas port firewire yang digunakan untuk memindahkan video dari dvcomcoder ke komputer disebut ?
A. Sound card
B. Vga card
C. Dv capture card
D. Memory card
E. Dv card

II. Jawablah soal berikut ini dengan singkat dan jelas!

1. Sebutkan 3 perbedaaan gambar vektor dan bitmap?

2. Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah membuat hujan dan rumah sebagai objectnya !

3. Tuliskan Langkah-langkah Membuat Multitrack?

4. Tuliskan Langkah-langkah Membuat File Karaoke?

5. Jelaskan secara detail apa yang kamu ketahui tentang Multimedia Interaktif. Dan apa hubungannya dengan Media Pembelajaran Interaktif!




Selamat Belajar YAh!!!



...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PAS Gasal Produktif Multimedia Kelas XII 2018"