Kumpulan Soal PAT Multimedia Kelas XI 2019 Dan Jawananya
Kumpulan Soal PAT Multimedia Kelas XI 2019
Mata Pelajaran :Produktif Multimedia
Program Keahlian : Multimedia
Kelas / Semester :XI / Genap
Waktu / Hari, Tanggal :Jumat, 25 Mei 2018
Waktu :07.30 – 09.00 WIB
I. Berilah tanda silang (X) pada jawaban a, b, c, d atau e yang Anda anggap paling benar!
1. Cara menggambardenganmenutupobyek gambarsatuwarna, sehinggatampak bentukglobalnya (siluet) adalah…
a. Aquarel d. Arsir
b. Pointilis e. Blok
c. Dusel
2. Langkah-langkahdalammenggambarbentukdenganpendekatan model adalahsebagaiberikut:
a. Sketsa- Pengamatan - Menentukangelapterang- Menentukanteknik - Sentuhanakhir
b. Pengamatan – Sketsa- Menentukanteknik -Menentukangelapterang- Sentuhanakhir
c. Pengamatan – Menentukangelapterang - Sketsa - Menentukanteknik - Sentuhanakhir
d. Pengamatan – Sketsa- Menentukangelapterang- Menentukanteknik - Sentuhanakhir
e. Pengamatan – Sketsa- Menentukangelapterang- - Sentuhanakhir - Menentukanteknik
3. Berikutadalah format layout yang memberikesanMenghasilkanefekpadat, sempit, sirkulasiruanggerakdanpandangantidakterfokusadalah…
a. Format C d. Format X
b. Format Z e. Format 7
c. Format L
4. Garismayalurushorisontal yang menjadibatasbagianteratasdarisetiaphurufbesardinamakan ….
a. Capline d. Descender
b. Baseline e. Ascender
c. Meanline
5. Hurufpadagambardisampingtermasukkedalamjenis….
a. Roman/Serif d. Monospace
b. Sans Serif e. Decoratif
c. Script
6. Di bawahini yang termasukprinsipdasarperancangantipografiadalah ….
a. SintaksisTipografi, Persepsi Visual, Focal point, Grid Systems, Alignment
b. SintaksisTipografi, Persepsi Visual, Grid Systems, Alignment, Justified
c. SintaksisTipografi, Persepsi Visual, Grid Systems, Alignment, Random
d. SintaksisTipografi, Persepsi Visual, Focal point, Alignment, Centered
e. SintaksisTipografi, Focal point, Grid Systems, Alignment, Flush right
7.
Garisdiatastermasukmenggunakangaya style ….
a. Garislurus d. Garis dash dot
b. Garis dot e. Garislurus dot
c. Garis dash
8. Dibawahini yang termasukprinsipdesainritmeadalah :
a. d.
b. e.
c.
9. Fungsi toolbox di samping adalah ….
a. untukmemilih layer danmemindah area seleksi
b. untukmembuat area seleksidenganpolabebas
c. untukmembuat area seleksidenganpola polygon
d. untukmembuat area seleksiberdasarkan tonal warna
e. untukmembuat area seleksiberdasarkantobalwarna
10. Efek yang digunakanuntukmembuatefekbayanganpadaobjekadalah …
a. Extrude d. Distortion
b. Envelope e. Transparancy
c. Dropshadow
11. Cahayautamasebagaipenerangpokokutamadisebutdengan…
a. Key light d. Available Light
b. Fill light e. Reflrcted Light
c. Back light
12. CahayaTambahan yang berfungsiuntukmengisibagian yang gelap…
a. Key light d. Available Light
b. Fill light e. Reflrcted Light
c. Back light
13. Cahayapendukungsuasana yang berfungsiuntukmempertegassuasanadisebut…
a. Key light d. Available Light
b. Fill light e. Reflrcted Light
c. Back light
14. Cahaya yang digunakanuntukmenciptakansuasanalatarbelakangadegan…
a. Key light d. Available Light
b. Fill light e. Reflrcted Light
c. Back light
15. Akibatkelebihancahayadisebutdengan…
a. ISO d. Under Exposure
b. Bulb e. Aperture
c. Over Exposure
16. Pengambilangambarhanyasebatasujungkepalahinggadaguobjek. Tekniktersebutadalah…
a. Very close up d. Extreme close up
b. Close up e. Big close up
c. Medium close up
17. Teknikpengambilangambar yang dilakukandenganketinggiankameraberada di atasketinggianobjek. Tekniktersebutadalah….
a. Very close up d. Bird eye
b. Close up e. Knee shot
c. Medium close up
18. Kamera yang bergerakdaritengahkekanan / daritengahkekiridisebut…
a. Panning d. pedestal
b. Zooming e. framing
c. Tilting
19. Teknikfotografi yang membuatseseorangatauobjekseolah-olahmelayangtanpamenggunakanalatbantu….
a. Light painting d. Blub
b. Siluet e. Levitasi
c. DOF
20. Mode pengalamatan yang fleksibel yang mampumengkombinasikan Direct Addressing dan Indirect Register Addressing. Teknikpengalamatantersebutadalah….
a. Immediate Addressing d. Stack Addressing
b. Direct Addressing e. Displacement Addressing
c. Indirect Addressing
21. Apabilakitainginmembuatgerakananimasi yang teratur. Sebaiknyateknikanimasi yang kitagunakanadalah…
a. Animasishapetween d. Animasi motion guide
b. Animasi motion tween e. Tweening
c. Animasi masking
22. Apa yang harus di klikpadasaatmembuat animasiputar ?
a. Insert Keyframe, Insert Create Motion Tween, pilih Tween Motion pada Properties, Ctrl+Enter
b. Insert Keyframe, Insert Create Motion Tween, Rotate CW pada Properties, Ctrl+Enter
c. Insert Keyframe, Insert Frame, Rotate CW pada Properties, Ctrl+Enter
d. Insert frame, Insert Keyframe, Rotate CW pada Properties, Ctrl+Enter
e. Semuabenar
23. Salah satufasilitasdiscrect 3DS Max yang berfungsisebagaipengaturwaktuanimasiatauperangkatobjekadalah …
a. Material d. Time line
b. Dynamic object e. Tool bar
c. Auto key
24. Perhatikandalammembuatanimasiberikutini :
Urutanlangkah-langkah di atasadalahmembuatanimasiteknik…
a. Masking d. Motion guide
b. Motion tween e. Tweening
c. Motion shape tween
25. Berikutinimerupakanbeberapakemampuan yang dapatdihasilkandarifasilitaspengolahsuaramilik flash yang benar, kecuali….
a. Memberikanefek fade-in dan fade-out padasuara
b. SinkronisasiAntarasuaradananimasi
c. Memeberikanefeksuara yang dolby stereo danmanjakanpenonton
d. menghasilkanperulanganpadasuara
e. memberikanefeksuarapadatombol
26. Berikut ini yang termasuk objek pada aplikasi Animasi 2 Dimensi adalah…
a. suara, gambar, teks d. suara, efekhujan, teks
b. suara, gambar, video e. suara, gambar, teks, efekhujan
c. suara, gambar, petir
27. 3D adalah aplikasi dokumen tunggal yang berarti hanya dapat bekerja dengan satu...
a. Scene d. Scan
b. Scaner e. Icon
c. Tool
28. Penunjukarah koordinat pada aplikasi 3DS Max disebut ….
a. Grid d. Trasnform
b. Align e. Snap
c. Modifier
29. Jaringanyangdapatmencakupkantor-kantorperusahaan yang letaknyaberdekatanataujugasebuahkotadandapatdimanfaatkanuntukkeperluanpribadi (swasta) atauumum, adalahjenisjaringan…
a. LAN (Local Area Network) d. GAN (Global Area Network)
b. Internet e. MAN (Metropolitan Area Network)
c. WAN (Wide Area Network)
30. Garis yang menghubungkan lebih dari dua vertex (titik) adalah pengertian dari ….
a. Edge d. Organic
b. Vertex e. Modifier
c. Face
31. Suatu objek 3D yang awalnya terbentu dari kumpulan circle yang tidak terhingga menjadi satu sehingga membentuk sebuah bola disebut ….
a. Sphare d. Tube
b. Box e. Cylinder
c. Plane
32. CorelDRAWadalah…..
a. Aplikasi Editor grafik vector d. AplikasiBerhitung
b. Aplikasi Browser Internet e. AplikasiMembuat Program
c. AplikasiAnimasi Flash
33. BagaimanacaramengexportgambarcorelDRAW....
a. File → Import d. File → Print
b. File → Save e. File → Exit
c. File → Export
34. Kumpulan tool denganbermacamfungsi yang digunakanuntukpengolahan object ataugambardisebut …
a. palet d. toolbox
b. toolbar e. menu
c. toolbar standar
35. Tool yang digunakanuntukmenghapuspixel padagambarfotoadalah …
a. Eraser Tool d. Dodge Tool
b. Born Tool e. Blur Tool
c. Smudge Tool
36. Lembaran-lembaranbertumpuk yang membangunsebuahgambaradalah …
a. Layer d. Action
b. Color e. History
c. Switches
37. Lasso Tool digunakanuntuk …
a. menggeser object pada layer yang aktif
b. memilihsebagiangambardanmembaungsisanya yang tidakdipakai
c. mengambil sample warnapermukaantertentu
d. membuatseleksibebas
e. mengembalikan object sepertipadaposisi history
38. Agar bisamelakukanpenginstalandenganmenggunakan CD, makasettingan First Boot nyaadalah ….
a. Hardisk d. Floppy disk
b. CDROOM e. Mouse
c. USB
39. Perifheral yang termasukpada input device antara lain......
a. Keyboard, monitor, joystick
b. Flasdisk, cd room, mouse
c. Scanner, flasdik, camera digital
d. Mouse, keyboard, hardisk
e. Printer, monitor, joystick
40. Untukkeluardari BIOS denganmelakukanpenyimpanan, makakitadapatmenekan short cut ….
a. F7 d. F10
b. F8 e. F11
c. F9
II. Jawablahpertanyaan-pertanyaan di bawahinidenganjelasdanbenar!
1. Sebutkandanjelaskanunsur-unsurestetikamenurut A.M. Djelantik!
2. Jelaskanapa yang dimaksuddengan pointer
3. Apa yang Andaketahuitentang Register?
4. JelaskanteknikdantataletakpencahayaandalamFotografi!
5. Jelaskanfungsidarianimasi masking!
SelamatBerjuang
SemogakejujuranmenyertaiAnda…!
LEMBAR JAWAB
Mata Pelajaran : Produktif Multimedia
Kelas : XI / Multimedia
Semester : Genap
1. E
2. D
3. D
4. A
5. D
6. A
7. D
8. B
9. D
10. C
11. A
12. B
13. B
14. C
15. C
16. E
17. D
18. D
19. A
20. E
21. B
22. B
23. D
24. C
25. C
26. A
27. A
28. A
29. A
30. A
31. A
32. A
33. C
34. D
35. A
36. A
37. D
38. B
39. C
40. D
JawabanSoalNomor1 :
1) Wujud/rupa (appereance)
Menyangkutbentuk (unsur yang mendasar) dansusunanataustruktur.
2) Bobot/isi (content/substance)
Menyangkutapa yang dilihatdandirasakansebagaimaknadariwujud, sepertisuasana (mood), gagasan (idea) danibarat/pesan.
3) Penampilan/penyajian (presentation)
Menyangkutcarapenyajiankaryakepadapemerhatiataupenikmat. Penampilansangatdipengaruhiolehbakat (talent), keterampilan (skill), dansarana/media (medium).
JawabanSoalNomor2 :
Salah satufiturandalandalambahasa C yang membedakannyadenganbahasapemrograman lain seperti java atau visual basic
JawabanSoalNomor3 :
Register adalah media penyimpana internal CPU yang digunakansaat proses pengolahan data
JawabanSoalNomor4 :
1. Teknik Front Light
Teknik front light dalamfotografimerupakanteknikpencahayaan (lighting) yang memanfaatkanarahcahaya yang datangdaribelakangfotografer.
2. Teknik Oval Light
Teknik oval light dalamfotografimerupakanteknikpencahayaan (lighting) yang memanfaatkanarahcahaya yang datangdarisudut 45ยบ dariposisifotograferberadaatausekitar 3/4 dariposisiobjek yang dipotret.
3. Teknik Side Light
Teknik side light dalamfotografimerupakanteknikpencahayaan (lighting) yang memanfaatkanarahcahaya yang datangtepatdarisampingobjek, sehinggaposisijatuhnyabayanganberadapadaposisilainnya.
4. Teknik Rim Light
Teknik rim light dalamfotografimerupakanteknikpencahayaan (lighting) yang memanfaatkanarahcahaya yang datangdaribelakangobjekdengansudut 1/4 objek, sehinggabagiandepanobjekakantampakgelap.
5. Teknik Back Light
Teknik rim light dalamfotografimerupakanteknikpencahayaan (lighting) yang memanfaatkanarahcahaya yang datangtepatdaribelakangobjek yang dipotret.
6. Teknik Top Light
Teknik top light dalamfotografimerupakanteknikpencahayaan (lighting) yang memanfaatkanarahcahaya yang datangdaribagianatasobjek yang dipotret.
7. Teknik Ray of Light
Teknik ray of light merupakanteknik yang memanfaatkankarakteristikcahaya, yang munculkarenaterobosanmelaluiawan, debudanbendalainnya
JawabanSoalNomor5 :
Masking adalahmemunculkan object yang inginkitalihatdanmenyembunyikanbagian yang inginkitasembunyikan, sehinggaakantampakkelihatansepertisorotanlampu
0 Response to "Kumpulan Soal PAT Multimedia Kelas XI 2019 Dan Jawananya"
Posting Komentar