Kumpulan Soal PAT Multimedia Kelas XI 2019 Dan Jawananya



Kumpulan Soal PAT Multimedia Kelas XI 2019

Mata Pelajaran :Produktif Multimedia
Program Keahlian : Multimedia
Kelas / Semester :XI / Genap
Waktu / Hari, Tanggal :Jumat, 25 Mei 2018
Waktu :07.30 – 09.00 WIB


I. Berilah tanda silang (X) pada jawaban a, b, c, d atau e yang Anda anggap paling benar!

1. Cara menggambardenganmenutupobyek gambarsatuwarna, sehinggatampak bentukglobalnya (siluet) adalah…
a. Aquarel d. Arsir
b. Pointilis e. Blok
c. Dusel

2. Langkah-langkahdalammenggambarbentukdenganpendekatan model adalahsebagaiberikut:
a. Sketsa- Pengamatan  - Menentukangelapterang- Menentukanteknik - Sentuhanakhir
b. Pengamatan – Sketsa- Menentukanteknik -Menentukangelapterang- Sentuhanakhir
c. Pengamatan – Menentukangelapterang - Sketsa  - Menentukanteknik - Sentuhanakhir
d. Pengamatan – Sketsa- Menentukangelapterang- Menentukanteknik - Sentuhanakhir
e. Pengamatan – Sketsa- Menentukangelapterang- - Sentuhanakhir - Menentukanteknik

3. Berikutadalah format layout yang memberikesanMenghasilkanefekpadat, sempit, sirkulasiruanggerakdanpandangantidakterfokusadalah…
a. Format C d. Format X
b. Format Z e. Format 7
c. Format L

4. Garismayalurushorisontal yang menjadibatasbagianteratasdarisetiaphurufbesardinamakan ….
a. Capline d. Descender
b. Baseline e. Ascender
c. Meanline

5. Hurufpadagambardisampingtermasukkedalamjenis….
a. Roman/Serif d. Monospace
b. Sans Serif e. Decoratif
c. Script

6. Di bawahini yang termasukprinsipdasarperancangantipografiadalah ….
a. SintaksisTipografi, Persepsi Visual, Focal point, Grid Systems, Alignment
b. SintaksisTipografi, Persepsi Visual, Grid Systems, Alignment, Justified
c. SintaksisTipografi, Persepsi Visual, Grid Systems, Alignment, Random
d. SintaksisTipografi, Persepsi Visual, Focal point, Alignment, Centered
e. SintaksisTipografi, Focal point, Grid Systems, Alignment, Flush right

7.
Garisdiatastermasukmenggunakangaya style ….
a. Garislurus d. Garis dash dot
b. Garis dot e. Garislurus dot
c. Garis dash

8. Dibawahini yang termasukprinsipdesainritmeadalah :
a. d.
b. e.
c.


9. Fungsi toolbox di samping adalah ….
a. untukmemilih layer danmemindah area seleksi
b. untukmembuat area seleksidenganpolabebas
c. untukmembuat area seleksidenganpola polygon
d. untukmembuat area seleksiberdasarkan tonal warna
e. untukmembuat area seleksiberdasarkantobalwarna

10. Efek yang digunakanuntukmembuatefekbayanganpadaobjekadalah …
a. Extrude d. Distortion
b. Envelope e. Transparancy
c. Dropshadow

11. Cahayautamasebagaipenerangpokokutamadisebutdengan…
a. Key light d. Available Light
b. Fill light e. Reflrcted Light
c. Back light

12. CahayaTambahan yang berfungsiuntukmengisibagian yang gelap…
a. Key light d. Available Light
b. Fill light e. Reflrcted Light
c. Back light

13. Cahayapendukungsuasana yang berfungsiuntukmempertegassuasanadisebut…
a. Key light d. Available Light
b. Fill light e. Reflrcted Light
c. Back light

14. Cahaya yang digunakanuntukmenciptakansuasanalatarbelakangadegan…
a. Key light d. Available Light
b. Fill light e. Reflrcted Light
c. Back light

15. Akibatkelebihancahayadisebutdengan…
a. ISO d. Under Exposure
b. Bulb e. Aperture
c. Over Exposure

16. Pengambilangambarhanyasebatasujungkepalahinggadaguobjek. Tekniktersebutadalah…
a. Very close up d. Extreme close up
b. Close up e. Big close up
c. Medium close up
17. Teknikpengambilangambar yang dilakukandenganketinggiankameraberada di atasketinggianobjek. Tekniktersebutadalah….
a. Very close up d. Bird eye
b. Close up e. Knee shot
c. Medium close up

18. Kamera yang bergerakdaritengahkekanan / daritengahkekiridisebut…
a. Panning d. pedestal
b. Zooming e. framing
c. Tilting

19. Teknikfotografi yang membuatseseorangatauobjekseolah-olahmelayangtanpamenggunakanalatbantu….
a. Light painting d. Blub
b. Siluet e. Levitasi
c. DOF

20. Mode pengalamatan yang fleksibel yang mampumengkombinasikan Direct Addressing dan Indirect Register Addressing. Teknikpengalamatantersebutadalah….
a. Immediate Addressing d. Stack Addressing
b. Direct Addressing e. Displacement Addressing
c. Indirect Addressing

21. Apabilakitainginmembuatgerakananimasi yang teratur. Sebaiknyateknikanimasi yang kitagunakanadalah…
a. Animasishapetween d. Animasi motion guide
b. Animasi motion tween e. Tweening
c. Animasi masking

22. Apa yang harus di klikpadasaatmembuat animasiputar ?
a. Insert Keyframe, Insert Create Motion Tween, pilih  Tween Motion pada Properties, Ctrl+Enter
b. Insert Keyframe, Insert Create Motion Tween, Rotate CW pada Properties, Ctrl+Enter
c. Insert Keyframe, Insert Frame, Rotate CW pada Properties, Ctrl+Enter
d. Insert frame, Insert Keyframe, Rotate CW pada Properties, Ctrl+Enter
e. Semuabenar

23. Salah satufasilitasdiscrect 3DS Max yang berfungsisebagaipengaturwaktuanimasiatauperangkatobjekadalah …
a. Material d. Time line
b. Dynamic object e. Tool bar
c. Auto key

24. Perhatikandalammembuatanimasiberikutini :
Urutanlangkah-langkah di atasadalahmembuatanimasiteknik…
a. Masking d. Motion guide
b. Motion tween e. Tweening
c. Motion shape tween

25. Berikutinimerupakanbeberapakemampuan yang dapatdihasilkandarifasilitaspengolahsuaramilik flash yang benar, kecuali….
a. Memberikanefek fade-in dan fade-out padasuara
b. SinkronisasiAntarasuaradananimasi
c. Memeberikanefeksuara yang dolby stereo danmanjakanpenonton
d. menghasilkanperulanganpadasuara
e. memberikanefeksuarapadatombol

26. Berikut ini yang termasuk objek pada aplikasi Animasi 2 Dimensi adalah…
a. suara, gambar, teks d. suara, efekhujan, teks
b. suara, gambar, video e. suara, gambar, teks, efekhujan
c. suara, gambar, petir

27. 3D adalah aplikasi dokumen tunggal yang berarti hanya dapat bekerja dengan satu...
a. Scene d. Scan
b. Scaner e. Icon
c. Tool

28. Penunjukarah koordinat pada aplikasi 3DS Max disebut ….
a. Grid d. Trasnform
b. Align e. Snap
c. Modifier

29. Jaringanyangdapatmencakupkantor-kantorperusahaan yang letaknyaberdekatanataujugasebuahkotadandapatdimanfaatkanuntukkeperluanpribadi (swasta) atauumum, adalahjenisjaringan…
a. LAN (Local Area Network) d. GAN (Global Area Network)
b. Internet e. MAN (Metropolitan Area Network)
c. WAN (Wide Area Network)


30. Garis yang menghubungkan lebih dari dua vertex (titik) adalah pengertian dari ….
a. Edge d. Organic
b. Vertex e. Modifier
c. Face

31. Suatu objek 3D yang awalnya terbentu dari kumpulan circle yang tidak terhingga menjadi satu sehingga membentuk sebuah bola disebut ….
a. Sphare d. Tube
b. Box e. Cylinder
c. Plane

32. CorelDRAWadalah…..
a. Aplikasi Editor grafik vector d. AplikasiBerhitung
b. Aplikasi Browser Internet e. AplikasiMembuat Program
c. AplikasiAnimasi Flash

33. BagaimanacaramengexportgambarcorelDRAW....
a. File → Import d. File → Print
b. File → Save e. File → Exit
c. File → Export

34. Kumpulan tool denganbermacamfungsi yang digunakanuntukpengolahan object ataugambardisebut …
a. palet d. toolbox
b. toolbar e. menu
c. toolbar standar

35. Tool yang digunakanuntukmenghapuspixel padagambarfotoadalah …
a. Eraser Tool d. Dodge Tool
b. Born Tool e. Blur Tool
c. Smudge Tool

36. Lembaran-lembaranbertumpuk yang membangunsebuahgambaradalah …
a. Layer d. Action
b. Color e. History
c. Switches

37. Lasso Tool digunakanuntuk …
a. menggeser object pada layer yang aktif
b. memilihsebagiangambardanmembaungsisanya yang tidakdipakai
c. mengambil sample warnapermukaantertentu
d. membuatseleksibebas
e. mengembalikan object sepertipadaposisi history


38. Agar bisamelakukanpenginstalandenganmenggunakan CD, makasettingan First Boot nyaadalah ….
a. Hardisk d. Floppy disk
b. CDROOM e. Mouse
c. USB

39. Perifheral yang termasukpada input device antara lain......
a. Keyboard, monitor, joystick
b. Flasdisk, cd room, mouse
c. Scanner, flasdik, camera digital
d. Mouse, keyboard, hardisk
e. Printer, monitor, joystick

40. Untukkeluardari BIOS denganmelakukanpenyimpanan, makakitadapatmenekan short cut ….
a. F7 d. F10
b. F8 e. F11
c. F9


II. Jawablahpertanyaan-pertanyaan di bawahinidenganjelasdanbenar!
1. Sebutkandanjelaskanunsur-unsurestetikamenurut A.M. Djelantik!
2. Jelaskanapa yang dimaksuddengan pointer
3. Apa yang Andaketahuitentang Register?
4. JelaskanteknikdantataletakpencahayaandalamFotografi!
5. Jelaskanfungsidarianimasi masking!



SelamatBerjuang
SemogakejujuranmenyertaiAnda…!


LEMBAR JAWAB

Mata Pelajaran : Produktif Multimedia
Kelas : XI / Multimedia
Semester : Genap

1. E
2. D
3. D
4. A
5. D
6. A
7. D
8. B
9. D
10. C
11. A
12. B
13. B
14. C
15. C
16. E
17. D
18. D
19. A
20. E
21. B
22. B
23. D
24. C
25. C
26. A
27. A
28. A
29. A
30. A
31. A
32. A
33. C
34. D
35. A
36. A
37. D
38. B
39. C
40. D


JawabanSoalNomor1 :
1) Wujud/rupa (appereance)
Menyangkutbentuk (unsur yang mendasar) dansusunanataustruktur.
2) Bobot/isi (content/substance)
Menyangkutapa yang dilihatdandirasakansebagaimaknadariwujud, sepertisuasana (mood), gagasan (idea) danibarat/pesan.
3) Penampilan/penyajian (presentation)
Menyangkutcarapenyajiankaryakepadapemerhatiataupenikmat. Penampilansangatdipengaruhiolehbakat (talent), keterampilan (skill), dansarana/media (medium).

JawabanSoalNomor2 :
Salah satufiturandalandalambahasa C yang membedakannyadenganbahasapemrograman lain seperti java atau visual basic

JawabanSoalNomor3 :
Register adalah media penyimpana internal CPU yang digunakansaat proses pengolahan data


JawabanSoalNomor4 :



1. Teknik Front Light
Teknik front light dalamfotografimerupakanteknikpencahayaan (lighting) yang memanfaatkanarahcahaya yang datangdaribelakangfotografer.
2. Teknik Oval Light
Teknik oval light dalamfotografimerupakanteknikpencahayaan (lighting) yang memanfaatkanarahcahaya yang datangdarisudut 45ยบ dariposisifotograferberadaatausekitar 3/4 dariposisiobjek yang dipotret.
3. Teknik Side Light
Teknik side light dalamfotografimerupakanteknikpencahayaan (lighting) yang memanfaatkanarahcahaya yang datangtepatdarisampingobjek, sehinggaposisijatuhnyabayanganberadapadaposisilainnya.
4. Teknik Rim Light
Teknik rim light dalamfotografimerupakanteknikpencahayaan (lighting) yang memanfaatkanarahcahaya yang datangdaribelakangobjekdengansudut 1/4 objek, sehinggabagiandepanobjekakantampakgelap.
5. Teknik Back Light
Teknik rim light dalamfotografimerupakanteknikpencahayaan (lighting) yang memanfaatkanarahcahaya yang datangtepatdaribelakangobjek yang dipotret.
6. Teknik Top Light
Teknik top light dalamfotografimerupakanteknikpencahayaan (lighting) yang memanfaatkanarahcahaya yang datangdaribagianatasobjek yang dipotret.
7. Teknik Ray of Light
Teknik ray of light merupakanteknik yang memanfaatkankarakteristikcahaya, yang munculkarenaterobosanmelaluiawan, debudanbendalainnya


JawabanSoalNomor5 :
Masking adalahmemunculkan object yang inginkitalihatdanmenyembunyikanbagian yang inginkitasembunyikan, sehinggaakantampakkelihatansepertisorotanlampu





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kumpulan Soal PAT Multimedia Kelas XI 2019 Dan Jawananya"