Kumpulan Soal PAT Simulasi Digital Kelas X 2019



Kumpulan Soal PAT Simulasi Digital Kelas X 2019

Mata Pelajaran :  Simulasi Digital
Program Keahlian :  Semua Jurusan
Kelas / Semester :  X / Genap
Hari, Tanggal :  Kamis, 24 Mei 2018
Waktu :  10.00 – 11.30 WIB

I. Berilah tanda silang ( x ) pada jawaban A, B, C, D atau E yang Anda anggap paling benar!

1. Konsep yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan mengenai penggunaan teknologi dunia maya dengan baik dan benar adalah pengertian dari ..
A. Komunikasi Dalam Jaringan D. Warga Digital
B. Kewargaan Digital E. Teknologi Digital
C. Kewarganegaraan Digital

2. Hal yang diperhatikan dalam implikasi penggunaan teknologi dunia maya yang baik dan benar yaitu ....
A. Menyebarkan informasi rahasia D. Menggunakan identitas orang lain
B. Menyinggung perasaan orang lain E. Memberikan data yang tidak valid
C. Pemilihan kata yang tepat

3. Komunikasi teknologi tidak dapat dilakukan di lingkungan ....
A. Industri D. Sekolah
B. Akademis E. Umum
C. Kerja

4. Orang yang cerdas, mengutamakan kebenaran, menyadari hal yang baik dan tidak baik, dan membuat pilihan yang tepat terhadap penggunaan teknologi merupakan pengertian dari ....
A. Komunikasi Dalam Jaringan D. Warga Digital
B. Kewargaan Digital E. Teknologi Digital
C. Kewarganegaraan Digital

5. Setiap warga digital diharapkan mengetahui jenis-jenis komunikasi, dan mengetahui kelebihan dan kekurangan komunikasi-komunikasi tersebut....
A. Akses Digital D. Etiket Digital
B. Komunikasi Digital E. Keamanan Digital
C. Hak Digital

6. Setiap orang punya hak untuk memakai fasilitas TIK, tapi tidak setiap orang punya kesempatan yang sama untuk mengakses teknologi....
A. Akses Digital D. Etiket Digital
B. Komunikasi Digital E. Keamanan Digital
C. Hak Digital

7. Warga digital harus hati-hati menjaga informasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab....
A. Akses Digital D. Etiket Digital
B. Komunikasi Digital E. Keamanan Digital
C. Hak Digital

8. Setiap warga digital mempunyai hak privasi, kebebasan berbicara, dan lain-lain. Setiap warga digital juga punya kewajiban yang harus terpenuhi, membantu pemanfaatan teknologi, mengikuti aturan yang berlaku....
A. Akses Digital D. Etiket Digital
B. Komunikasi Digital E. Keamanan Digital
C. Hak Digital

9. Dalam “T.H.I.N.K.” Apakah post anda akan menyakiti perasaan orang lain? Is it ....
A. True D. Necessary
B. Hurtful E. Kind
C. Illegal

10. Dalam “T.H.I.N.K.” Pentingkah post Anda? Post yang tidak penting akan mengganggu orang lain. Is it .....
A. True D. Necessary
B. Hurtful E. Kind
C. Illegal

11. Dalam “T.H.I.N.K.” Santunkah post Anda?, tidak menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung orang lain? Is it .....
A. True D. Necessary
B. Hurtful E. Kind
C. Illegal

12. Berikut ini adalah simbol dalam flowchart untuk menyatakan .....
A. Proses D. Aktivitas
B. Decision (Keputusan) E. Semua salah
C. Mulai dan Selesai

13. Asyncrounus (Asinkron) adalah .....
A. Komunikasi secara langsung D. Komunikasi secara tatap muka
B. Komunikasi secara tidak langsung E. Komunikasi secara realtime
C. Komunikasi secara online

14. Syncrounus (Sinkron) adalah ....
A. Komunikasi dalam jaringan secara langsung D. Komunikasi dalam jaringan secara tatap muka
B. Komunikasi dalam jaringan secara tidak langsung E. Komunikasi dalam jaringan secara realtime
C. Komunikasi dalam jaringan secara online

15. E-mail merupakan contoh komunikasi ....
A. Langsung D. Google+
B. Tidak Langsung E. Chatting
C. Teleconference

16. Protokol yang digunakan oleh Amerika untuk memungkinkan menerima dan mengirim informasi atau pesan melalui komputer dinamakan ....
A. ARPANET D. ARANET
B. ARPINET E. ARPNET
C. ARPHANET

17. Pada tahun berapakah protokol komunikasi dalam jaringan yang dibuat oleh peneliti Amerika ?
A. 1993 D. 1996
B. 1994 E. 1997
C. 1995

18. Berapa kapasitas peyimpanan E-mail yang digunakan oleh perusahaan Google ?
A. 5 GB D. 20 GB
B. 10 GB E. 25 GB
C. 15 GB

19. Contoh komunikasi sinkron adalah ....
A. E-mail D. Blog
B. Forum E. Facebook Chat
C. Website

20. Kepanjangan E-mail adalah ....
A. Elektrik Mail D. Emailing Mail
B. Elektronic Mail E. Emisi Mail
C. Edmodo Mail

21. Yang tidak termasuk komponen pendukung komunikasi daring yaitu ....
A. Headset dan Skype D. Berfikir subjektif
B. Daya fikir menjadi tajam E. Menghindari kesesatan bernalar
C. Berfikir objektif

22. Jejaring social yang diluncurkan oleh Google Inc, adalah….
A. Facebook D. Edmodo
B. Google+ E. Skype
C. Twitter

23. Salah satu tujuan dalam pengembangan Komunikasi dalam Jaringan adalah ..
A. Mempermudah dalam penyebaran Trojan, Malware, dan Virus Komputer D. Dapat meningkatkan Cracking dalam ruang lingkup luas
B. Mempersulit manusia dalam mengirim atau menerima informasi E. Dapat meningkatkan kejahatan dunia maya
C. Mempermudah dalam melakukan interaksi jarak jauh dengan orang lain

24. Media komunikasi yang cukup efektif dan efisien dengan tersedianya layanan fasilitas seperti web, email, chatting, dll yaitu ....
A. Teknologi D. Jaringan
B. Internet E. Komunikasi
C. Website

25. Sebelum siswa mendaftar Edmodo siswa harus memasukkan kode grup. Berapa digitkah kode grup yang harus dimasukkan ….
A. 5 Digit D. 8 Digit
B. 6 Digit E. 9 Digit
C. 7 Digit

26. Untuk mendaftar Edmodo sebagai guru kita harus mengklik …..
A. I’m Teacher D. I’m Parent
B. I’m Student E. I’m Professor
C. Sign in

27. Untuk mendaftar Edmodo sebagai siswa kita harus mengklik …..
A. I’m Teacher D. I’m Parent
B. I’m Student E. I’m Professor
C. Sign in

28. Jika kita ingin masuk Edmodo kita harus memasukkan …… lalu klik sign in.
A. Username dan Password D. Alamat dan Tanggal Lahir
B. Nama dan Alamat E. Komentar dan Username
C. E-mail dan Username

29. Di bawah ini kelebihan Edmodo, kecuali …..
A. User Interface (Tampilan) D. Aplikasi Lambat
B. Social Media E. Sharing Data
C. Compability (Keseuaian)

30. Edmodo dirancang untuk membuat siswa atau mahasiswa manjadi …..
A. Bersemangat D. Kurang Bersemangat
B. Santai E. Semua Benar
C. Malas

31. Tombol “I’m teacher” dan “I’m student” berfungsi untuk …..
A.
Mempermudah para guru dan siswa saling berinteraksi D. Membuat Quiz
B. Mempermudah berbagi pengalaman E. Membuat Status
C. Mempersulit untuk berinteraksi

32. Perbedaan presentasi dengan presentasi video ialah ….
A. Presentasi untuk mempengaruhi, sedangkan presentasi video untuk menyampaikan informasi D. Presentasi dengan media seadanya, sedangkan presentasi video dengan bantuan video
B. Presentasi untuk menyampaikan informasi kepada konsumen, sedangkan presentasi video untuk mempengaruhi konsumen dengan media video E. Presentasi merupakan media utnuk membujuk seseorang dengan media teks dan audio, sedangkan presentasi video media untuk membujuk dengan media video
C. Presentasi untuk menyampaikan informasi, sedangkan presentasi vdeo untuk menyampaikan informasi kepada seseorang dengan media video

33. Pesan dari presentasi video tentang sebuah produk perusahaan dapat tersampaikan dengan tepat karena ….
A. Menggunakan benda asli yang dihasilkan D. Naskahnya dibuat serinci mungkin
B. Informasina menggunakan narasi E. Peralatan yang digunakan lengkap
C. Menarik, perpaduan teks, audio dan video

34. Ciri Presentasi Video, kecuali ....
A. Mudah dibuat D. Menjelaskan keunggulan
B. Untuk menyampaikan ide gagasan E. Menjelekan orang lain
C. Di buat dengan kamera seadanya

35. Kelebihan presentasi video untuk pembelajaran ialah, kecuali ….
A. Peserta termotivasi dalam pembelajaran D. Materi disampaikan lebih detail
B. Komunikasi antara guru dan peserta didik meningkat E. Proses pembelajaran lebih komunikatif
C. Interaksi guru dan peserta didik semakin intensif

36. Presentasi Video adalah ....
A. Video yang mengunggulkan suatu produk D. Video yang menjelaskan kelemahan produk
B. Video yang menjelaskan sesuatu kepada orang lain E. Video yang meremehkan produk
C. Video yang mempengaruhi orang lain

37. Dibawah ini hal yang harus disiapkan sebelum membuat preserntasi video, kecuali
A. Ide dan gagasan D. Skenario
B. Pencahayaan E. Sinopsis
C. Storyboard

38. Dibawah ini jenis-jenis video, kecuali ....
A. Video Dokumenter D. Video Berita
B. Video Cerita E. Video Pembelajaran
C. Video Permainan

39. Video yang menggambarkan peristiwa dalam kehidupan nyata disebut ....
A. Video Dokumenter D. Video Berita
B. Video Cerita E. Video Pembelajaran
C. Video Permainan

40. Camera Angle dalam pembuatan video adalah ....
A. Bidang pandang dengan latar belakang D. Sudut objek
B. Bingkai dalam pengambilan gambar E. Sudut pengambilan gambar
C. Jarak pengambilan gambar

II. Jawablah soal berikut ini dengan singkat dan jelas!
41.  Sebutkan 3 lingkungan dalam Kewargaan Digital !
42.  Sebutkan dan jelaskan 2 macam Komunikasi dalam Jaringan !
43.  Sebutkan keunggulan dan kelemahan Komunikasi dalam Jaringan !
44.  Sebutkan dan jelaskan Bentuk Visualisasi dalam Presentasi Video !
45.  Hal-hal apa saja yang harus di perhatikan pada Presentasi Video bentuk benda jadi atau cara kerja !





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kumpulan Soal PAT Simulasi Digital Kelas X 2019"